Menpora Buka Suara Soal Nasib Kelanjutan Liga 2 Dan Liga 3

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akhirnya buka suara terkait nasib kelanjutan Liga 2 dan Liga 3. Begini penjelasannya!

Menpora Buka Suara Soal Nasib Kelanjutan Liga 2 Dan Liga 3
Menpora Zainudin Amali buka suara soal nasib kelanjuran Liga 2 dan Liga 3. Gambar : sindonews.com

BaperaNews - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali buka suara tentang nasib Liga 2 dan Liga 3. Ia menyebut nasib Liga 2 dan Liga 3 ialah hal prerogative dari PSSI yang menjadi federasi sepakbola Indonesia.

“Liga 1,2,3 itu kewenangan di federasi, dilaksanakan PT LIB. Untuk liga 3 diselenggarakan Asprov,” ujarnya.

Liga 2 dan Liga 3 sebelumnya ikut terhenti akibat tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu. Liga 1 sudah mendapat keputusan dilanjutkan mulai (5/12) di Jawa Tengah dengan sistem bubble dan tanpa penonton, diselesaikan hingga putaran pertama selesai. Sedangkan Liga 2 dan Liga 3 belum diketahui nasibnya kapan akan kembali dilanjutkan.

Menpora menegaskan masalah kelanjutannya, kewenangan ada pada PSSI dan PT LIB yang merupakan operatornya. Kemenpora dan pemerintah menurutnya tidak bisa memberi intervensi sebab bukan ranahnya.

“Jadi terserah kapan federasi akan menggulirkan lagi. Mungkin setelah Liga 1 bisa dilanjutkan ke Liga 2 kemudian Liga 3, yang dilaksanakan langsung di bawah federasi kepada asprov, kami hanya tunggu saja. Intinya pemerintah itu membantu dan memberi fasilitas, dan yang menentukan kapannya ialah federasinya sendiri” terang Zainudin Amali.

Baca Juga : Daftar Tim Yang lolos dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022

Meski demikian, Zainuddin Amali menyampaikan akan ada kabar baik dalam waktu dekat sebab berdasarkan inspeksinya pada Minggu (11/12) di Liga 1 Gor Jatidiri, transformasi kompetisi telah dijalankan sesuai rencana.

Liga 1 2022 kembali berjalan dengan lancar, dan hal ini bisa jadi cetak biru untuk melaksanakan kompetisi sepak bola lainnya. PSSI maupun PT LIB hingga berita ini disampaikan belum memberi komentar atau penjelasan kapan akan kembali memulai Liga 2 dan Liga 3.

Para peserta tentu berharap kompetisi segera dijadwalkan dan mendapat titik terang, usai Liga 1 kembali digulirkan, diharapkan Liga 2 dan Liga 3 juga ikut kembali dilaksanakan, tidak masalah dengan adanya perubahan regulasi, bisa jadi tidak lagi home away sebagaimana di awal musim.

Manajer Persebi Boyolali sendiri mengaku belum tahu dan belum ada kabar sedikitpun tentang nasib Liga 2 dan Liga 3. “Belum ada, masih menunggu keputusan PSSI. Kami harap segera ada kepastian sebab sudah akhir tahun, kami juga harus buat laporan pertanggungjawaban dana APBD” pungkasnya.

“Harapannya usai Liga 1 dilaksanakan, Liga 2 dan Liga 3 juga dilaksanakan, kasian sudah menunggu lama belum dapat kejelasan” imbuh pelatih Persika Karanganyar Yusni Adi.

Baca Juga : 15 Lokasi Nobar Piala Dunia 2022 Di Jakarta Selatan