Menjelang Hari Raya Idul Adha: Berikut Keutamaan, Jadwal Dan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Hingga Arafah 2022

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Umat Muslim biasanya dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Berikut keutamaan, jadwal dan niat puasanya!

Menjelang Hari Raya Idul Adha: Berikut Keutamaan, Jadwal Dan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Hingga Arafah 2022
Wukuf Di Padang Arafah. Gambar : AFP PHOTO /Dok. AHMAD AL-RUBAYE

BaperaNews - Menjelang Hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Hari Raya Kurban, Umat Muslim biasanya dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Puasa Dzulhijjah biasanya dikerjakan selama sembilan hari, dimulai dari hari pertama bulan Dzulhijjah. Diantara kesembilan hari tersebut, terdapat puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) dan Arafah (9 Dzulhijjah). Dinamakan puasa Arafah lantaran dikerjakan bersamaan dengan jemaah haji yang sedang melaksanakan wuquf di Arafah.

Puasa Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat muslim yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Karena keutamaan dari puasa ini terdapat dalam sebuah hadist. Sebagaimana Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada umat muslim untuk melaksanakan dua puasa ini berdasarkan hadist sebagai berikut:

Rasulullah SAW bersabda, "Puasa di hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Dzulhijah) akan mengampuni dosa dua tahun." (HR at-Tirmidzi).

Baca Juga : Pemerintah : Idul Adha 1443 H Jatuh Pada Minggu 10 Juli 2022

Berikut rangkaian jadwal dan niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah:

Sementara untuk di Indonesia, Pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 1 Juli 2022. Sehingga puasa Dzulhijjah sudah dimulai sejak Jumat lalu. Sedangkan Muhammadiyah menetapkan 1 Djulhijjah jatuh pada 30 Juni 2022. Dan puasa Dzulhijjah dimulai sehari lebih cepat dari yang ditetapkan NU, yaitu Kamis kemarin.

Sementara itu, adapun niat puasa Dzulhijjah sebagai berikut:

“Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala”

Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala"

Puasa Tarwiyah

Jadwal puasa Tarwiyah sesuai yang ditetapkan pemerintah jatuh pada Jumat, 8 Juli 2022. Sedangkan, Muhammadiyah sudah melaksanakan puasa Tarwiyah pada Kamis, 7 Juli 2022. Adapun niat puasa Tarwiyah sebagai berikut:

“Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati yaumit tarwiyah lillahi ta'ala”.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT."

Puasa Arafah

Jadwal puasa Arafah sesuai yang ditetapkan pemerintah jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022. Sedangkan, Muhammadiyah sudah melaksanakan puasa Arafah pada Jumat, 8 Juli 2022. Adapun niat puasa Arafah sebagai berikut:

“Nawaitu shauma ghadin’an ada’I sunnati Arafah lillahi ta’ala.”

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta'ala"

Baca Juga : Menjelang Idul Adha, Berikut 7 Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk