Pemerintah : Idul Adha 1443 H Jatuh Pada Minggu 10 Juli 2022

Pemerintah telah menggelar sidang isbat untuk penentuan awal Zulhijah 1443 H yang jatuh pada 1 Juli 2022 dan hari raya Idul Adha 2022 yang jatuh pada 10 Zulhijah atau 10 Juli 2022.

Pemerintah : Idul Adha 1443 H Jatuh Pada Minggu 10 Juli 2022
Idul Adha 1443 H ditetapkan pada 10 Juli 2022. Gambar : Youtube.com/Kompas TV

BaperaNews - Pemerintah telah menggelar sidang isbat untuk penentuan awal Zulhijah 1443 H yakni ditetapkan jatuh pada 1 Juli 2022. Hasil sidang disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid di kantor Kementerian Agama RI hari Rabu 29 Juni 2022.

“Dari 86 titik, tak ada satu yang melaporkan melihat hilal sebagaimana yang dilaporkan, oleh sebab itu berdasarkan posisi hisab posisi hilal untuk seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk, namun belum memenuhi MABIMS dan laporan hilal juga tidak terlihat. Secara mufakat 1 Zulhijah jatuh pada hari Jumat 1 Juli 2022” ujar Zainut Tauhid.

Sidang isbat sebelumnya digelar secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan, diawali dengan pemaparan posisi hilal oleh tim Kemenag dan dilanjutkan dengan sidang tertutup.

“Artinya, hari raya Idul Adha 2022 yang jatuh pada 10 Zulhijah ialah tanggal 10 Juli 2022” imbuh Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, KH Abdullah Jaidi.

Penetapan tanggal Idul Adha ini berbeda dengan Muhammadiyah, Abdullah pun menjelaskan lebih lanjut. “Saudara kita dari Muhammadiyah sudah lebih dulu mengumumkan hari raya Idul Adha pada 9 Juli 2022” ujarnya. Ia menghimbau agar perbedaan ini tidak membuat masyarakat pecah, perbedaan waktu ialah hal yang biasa.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Pakar IPB Berikan Tips Sembelih Hewan Kurban Saat Wabah PMK

“Tentunya hal ini ialah sesuatu yang biasa terjadi, di tengah kita ada perbedaan, tapi janganlah itu sampai jadi perpecahan, tidak saling menghormati. Tandanya kita saling menghormati perbedaan itu, tentunya perbedaan pada setiap permasalahan adanya wujud hilal dan ada rukhayatuhilal keduanya menggunakan hisab tergantung pada ketinggian hisab itu masing-masing” jelasnya.

Kemudian, jika ingin puasa Arafah tanggal berapa, kita dianjurkan untuk puasa tanggal 1 – 9 Zulhijah, artinya kalau mau puasa pada hari Jumat atau Sabtunya masih boleh, karena belum ditetapkan jadi hari raya Idul Adha.

“Tapi kita tidak melarang saudara kita yang akan berhari raya pada 9 Juli, intinya kami menghimbau semangat Idul Adha 2022, semangat hari raya kurban, inilah yang harus kita betul-betul wujudkan dalam kehidupan kita. Saudara-saudara fakir miskin kita menanti uluran tangan kita, marilah berlomba dari tanggal 1 Zulhijah sampai hari raya Idul Adha untuk memperbanyak amal saleh, sedekah, puasa, zikir, tasbih, dan amal kebaikan lainnya” tutup KH Abdullah Jaidi.

Kesimpulannya, hari raya Idul Adha ditetapkan pemerintah jatuh pada 10 Juli 2022 dan Muhammadiyah pada 9 Juli 2022.