Menang Lawan Filipina di SEA Games 2023, Timnas U-22 Masih Perlu Evaluasi

Timnas U-22 berhasil meraih kemenangan atas Filipina pada SEA Games 2023, namun menurut Ilham Rio tim ini tetap perlu melakukan evaluasi.

Menang Lawan Filipina di SEA Games 2023, Timnas U-22 Masih Perlu Evaluasi
Menang Lawan Filipina di SEA Games 2023, Timnas U-22 Masih Perlu Evaluasi. Gambar : Instagram.com/@pssi

BaperaNewsKeberhasilan Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Timnas Filipina U-22 3-0 ialah hasil yang patut disyukuri, sebab menurut Ilham Rio, timnas Indonesia masih banyak kekurangannya. Indonesia menang dengan susah payah pada laga pertama mereka melawan Filipina di SEA Games 2023 Kamboja pada Sabtu (29/4).

Indonesia nyaris hanya menang 1-0 dari Marselino Ferdinan. Untungnya, Indonesia berhasil mencetak dua gol tambahan di ujung waktu pertandingan dari tendangan Irfan Jauhari dan Fathur Rachman. Di luar dua gol tersebut, timnas Indonesia nampak kesulitan membobol pertahanan Filipina.

“Walaupun kami mendapat tiga poin di laga yang pertama ini, tentu kami masih ada banyak hal yang perlu dievaluasi, perlu diingat. Kemenangan ini baru permulaan saja, InsyaAllah kami akan terus fokus di laga-laga selanjutnya” tutur Rio.

Indonesia selanjutnya dijadwalkan bertemu Myanmar di laga kedua hari Kamis (4/5) mendatang. Laga dilaksanakan di Stadion Olympic Phnom Penh. Indonesia punya waktu cukup untuk berlatih dan menyambut laga itu. Laga berjalan lima hari usai Indonesia melawan Filipina, sebab itu ada waktu untuk recovery dan kembali latihan. 

Baca Juga : Klasemen Sementara dan Jadwal Lengkap Sepakbola SEA Games 2023

Timnas Indonesia punya waktu cukup untuk mendapat evaluasi, apa saja yang perlu ditingkatkan untuk bisa berlaga lebih baik di laga-laga SEA Games 2023 selanjutnya mengingat Indonesia juga mendapat target tinggi untuk jadi juara SEA Games 2023.

“Hari ini Minggu (30/4) kami mendapat porsi latihan untuk pemulihan, Alhamdulillah sesuai kemenangan kemarin, saat ini kondisi saya dan teman-teman tidak ada masalah” pungkas Rio.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Grup lain ialah Grup B diisi oleh tim-tim yang dianggap berat seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Indonesia disebut beruntung bisa terbebas dari Grup A, meski demikian, Indonesia juga tidak meremehkan siapapun lawannya. Semua lawan ialah sama saja, sama beratnya dan sama-sama butuh usaha untuk dikalahkan.

Indonesia saat ini berada di peringkat kedua Klasemen sementara Grup A dengan 3 poin. Peringkat Satu saat ini ditempati oleh Kamboja dengan 3 poin. Kamboja unggul dengan selisih gol usai mengalahkan Timor Leste 4-0 sedangkan Indonesia mengalahkan Filipina 3-0.

Baca Juga : Jelang SEA Games 2023, Timnas Basket 3x3 Fokus Merubah Mindset