Makna Penting Kapal Perang Rusia yang Hancur Diserang Ukraina

Moskva (Kapal Perang Rusia) yang memiliki makna penting, kini telah hancur dan berakhir dengan tenggelam di kawasan Laut Hitam setelah diserang oleh pasukan militer dari Ukraina!

Makna Penting Kapal Perang Rusia yang Hancur Diserang Ukraina
Makna Penting Kapal Perang Rusia yang Hancur Diserang Ukraina. Gambar : REUTERS/ Dok. STRINGER

BaperaNews - Moskva (Kapal Perang Rusia), kini telah hancur dan berakhir dengan tenggelam di kawasan Laut Hitam setelah digempur habis – habisan oleh pasukan militer dari Ukraina pada hari Jumat, 15 April 2022. Beredarnya kabar tersebut membuat warga dunia geger. Sebelumnya diketahui kapal perang milik Rusia tersebut merupakan kapal yang memimpin berbagai serangan Moskow di kawasan Ukraina sejak bulan Februari 2022 silam.

Tenggelamnya kapal perang milik Rusia diklaim oleh Ukraina karena adanya serangan rudal dari mereka, namun dari pihak Rusia berkata lain. Tenggelamnya kapal perang tersebut, diakibatkan oleh kebakaran.

Berdasarkan dari analisis yang dilakukan oleh institute for the study of war, karena peristiwa tenggelamnya kapal perang tersebut, cukup membuat moral Rusia terguncang. Sebab utamanya adalah kapal tersebut menjadi salah satu bagian dari aset penting yang dimiliki oleh Moskow dan terlihat paling dominan saat terjadinya perang Ukraina.

Meskipun pihak Rusia berusaha dengan segala cara untuk bisa menyembunyikan kabar tenggelamnya kapal mereka tersebut, namun nyatanya mereka sangat kesulitan dan kabar itupun terdengar di Ukraina. Dari kejadian tersebut, muncul berbagai macam spekulasi yang mana membuat banyak pihak ragu terhadap kemampuan perang yang dimiliki oleh Rusia.

Baca Juga : Respon Provokasi AS, China Akan Kirimkan Kapal Perang Hingga Jet Tempur Ke Perbatasan Taiwan

“Penjelasan terkait dengan tenggelamnya kapal perang milik Rusia Moskva, bisa menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Rusia. Mulai dari kemungkinan pertahanan udara yang cukup buruk, pengendalian kerusakan kapal yang belum mumpuni hingga prosedur keselamatan yang tidak ketat,” kata Mason Clark, George Barros dan Kateryna Stepanenko, seperti yang dilansir dari CNN.

Carl Schuster (veteran Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat) juga mempunyai pendapat yang sama mengenai fakta tersebut.

“Karena kejadian tersebut, memicu banyak pertanyaan terkait dengan kompetensi yang dimiliki oleh angkatan laut Rusia. Terlebih lagi selama masa pemerintahan Vladimir Putin yang kini sudah berjalan sepuluh tahun pernah memberikan wacana akan memperbaiki kemampuan angkatan lautnya, tapi nyatanya ini malah tenggelam. Dari kejadian tersebut, Vladimir Putin dianggap tidak bisa mewujudkan janjinya di masa lalu terkait dengan kekuatan militer angkatan laut Rusia.

Para analisis juga mengungkapkan, jika sampai benar kabar terkait tenggelamnya kapal perang Rusia karena ulah serangan Ukraina, dengan kata lain mereka harus segera melakukan evaluasi terhadap operasinya. Terlebih pada serangan udara yang harus diperkuat lagi.

Baca Juga : Ledakan Besar Terdengar Di Kyiv Usai Kapal Rusia Dibombardir Ukraina