Kemenhub Gelar Mudik Motor Gratis, Pemudik Cukup Bayar Rp 20 Ribu

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan DJKA kembali membuka program mudik gratis untuk motor.

Kemenhub Gelar Mudik Motor Gratis, Pemudik Cukup Bayar Rp 20 Ribu
Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Motor Gratis di Tahun 2023. Gambar : Liputan6.com/Dok. Faizal Fanani

BaperaNews - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali membuka program mudik gratis untuk motor untuk mendukung angkutan mudik lebaran 2023. Program Mudik Motor Gratis ini dikenai biaya sangat terjangkau yakni Rp 10 - 20 ribu saja.

Warga yang mengikuti program Mudik Motor Gratis ini akan bisa mudik ke daerahnya bersama motornya dengan moda transportasi kereta api. Program ini dibuat untuk memaksimalkan keselamatan dan keamanan pemudik dimana untuk mudik jarak jauh lebih aman memakai kereta api dibanding membawa sepeda motor sendiri.

“Untuk optimalkan keselamatan dan kenyamanan. DJKA mengintegrasikan mudik motis ini dengan harga terjangkau, warga yang ikut cukup bayar Rp 10 - 20 ribu saja, bisa ikut mudik dengan membawa serta motornya” terang Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Djarot Tri pada Rabu (22/2).

Mudik motis ialah program tahunan dari DJKA. Sebanyak 10.440 kuota disediakan pada program mudik motis 2023 untuk diantar ke lokasi mudik. Targetnya DJKA memberangkatkan 46.720 penumpang dengan program mudik motor gratis 2023 ini.

Kuota program mudik motis 2023 yang tersedia lebih banyak dibanding tahun 2022 lalu, sebab di tahun lalu hanya ada 2900an kuota.

Baca Juga : Daftar Ruas Jalan tol yang Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023

“Tahun ini kami siapkan 10.440 slot motor yang akan dikirim ke lokasi mudik gratis pada mudik Lebaran mendatang. Terlebih di tahun kami sediakan kuota jauh lebih banyak dibanding tahun lalu karena saat ini pandemi Covid-19 jauh lebih kondusif. Motor datang kita packing, nanti bensin dikosongkan dulu biar aman. Perjalanan sehari, motor sudah sampai. Tarif juga cukup murah” lanjutnya.

Menurutnya, minat masyarakat untuk program mudik Motis per tahunnya selalu meningkat. Hal ini diketahui dari data sejak program mudik motor gratis diluncurkan tahun 2013 lalu, pada tahun 2019, sudah ada 19 ribu unit motor diberi fasilitas pengiriman oleh DJKA. Nantinya program mudik motor gratis 2023 akan melayani tiga lintas layanan.

Pertama rute Cilegon, Jakarta Gudang, dan Semarang Tawang. Kedua rute Jakarta Gudang - Purwosari. Ketiga rute Kiaracondong – Purwosari.

“Berdasarkan data lebaran sebelumnya, tingkat kecelakaan pemudik sepeda motor cukup tinggi, sehingga dengan program mudik Motis ini diharapkan kecelakaan lalu lintas roda dua bisa diminimalisir” pungkas Djarot Tri.

Pendaftaran program mudik Motis 2023 akan dibuka mulai 1 Maret - 3 Mei 2023. Untuk angkutan mudik dilaksanakan pada 11 - 20 April 2023 dan angkutan balik pada 25 April - 4 Mei 2023.

Kereta penumpang dan barang akan disediakan. Motor yang boleh ikut ialah yang kapasitasnya maksimal 200 cc. Pendaftaran program mudik motor gratis 2023 ini bisa dilaksanakan secara online atau dengan datang langsung ke stasiun.

Baca Juga : Tiket KAI Lebaran 2023 Dijual Mulai 26 Februari, Simak Jadwal dan Aturannya!