Hore! QRIS Akan Rilis Fitur Tarik Tunai Dari Gopay

QRIS akan memiliki fitur terbaru yaitu memungkinkan pengguna untuk tarik tunai, setor tunai, dan transfer tunai. Simak selengkapnya!

Hore! QRIS Akan Rilis Fitur Tarik Tunai Dari Gopay
Hore! QRIS Akan Rilis Fitur Tarik Tunai Dari Gopay. Gambar Dok. gojek.com

BaperaNews - QRIS disebut akan memiliki fitur baru, memungkinkan pengguna untuk tarik tunai, setor tunai, dan transfer tunai yang termasuk penarikan dana dari uang elektronik non bank. Diketahui QRIS ialah kode standar uang digital Indonesia yang bisa dipakai untuk beragam transaksi online dan di merchant tertentu.

Adapun fitur tarik tunai QRIS, setor tunai QRIS, dan transfer uang dari QRIS ini jelas akan memudahkan pengguna. Pengguna bisa bertransaksi keuangan tanpa harus membuat rekening Bank, juga tak harus pergi ke ATM ketika ingin melakukan transaksi tersebut.

“Dengan fitur tarik tunai QRIS yang hadir, nantinya kami bisa pakai QRIS untuk transfer uang, tarik tunai, dan setor tunai. Sehingga tak perlu jauh-jauh ke ATM atau cabang bank untuk mengambil atau menyetor uang. Kami juga bisa membantu keluarga di desa yang tak punya rekening Bank dengan mengirim uang melalui QRIS” bunyi penjelasan resmi dari Bank Indonesia (BI) hari Kamis (22/6).

Lebih lanjut, BI mengungkap fitur tarik tunai QRIS ini nantinya akan terus dikembangkan, dengan memungkinkan pengguna transfer uang ke sesama pengguna QRIS, antar bank, ataupun antar non bank. Untuk tarik tunai, pengguna melakukan dengan cara memindai kode QRIS di ATM atau merchant sebagai mitra.

Baca Juga : Bank Indonesia Bakal Umumkan Integrasi QRIS, Dimana Saja?

Pengguna Bisa QRIS Tarik Tunai, Setor Tunai, atau Transfer dari ATM dan Merchant

Pengguna hanya perlu datang ke ATM atau merchant QRIS yang menjadi agennya dan menginformasikan berapa besaran dana yang ingin ditarik. Maka pengguna QRIS tarik tunai nantinya bisa menarik uang tanpa harus ke ATM. Misalnya menarik uang dari akun uang elektronik non bank. Untuk penyedia jasa uang elektronik non bank saat ini ada Gopay, LinkAja, hingga Ovo.

Fitur QRIS tarik tunai selanjutnya ialah pembayaran push payment dimana pengguna menunjukkan kode QRIS yang ia miliki ke perangkat ATM atau merchant QRIS sebagai dan menyampaikan informasi berapa uang yang akan disetor tunai. Jika memakai ATM dengan memasukkan uang ke dalam mesin ATM.

Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk pengguna yang ingin tarik uang ataupun setor tunai namun terkendala berbagai hal, misalnya terkendala rumah yang jauh dari ATM atau jam operasional bank yang terbatas. Diharapkan fitur ini bisa segera diterapkan dan dinikmati seluruh masyarakat Indonesia untuk memberi kemudahan lebih besar pada sistem transaksi.

Baca Juga : Viral Pria di Jaksel Ganti QRIS Masjid Menjadi Rekening Pribadi