Diresmikan Jokowi, Tol Cisumdawu Akan Gratis Selama 3 Pekan

Presiden Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu dan mengumumkan tarif gratis selama 3 minggu setelah peresmian.

Diresmikan Jokowi, Tol Cisumdawu Akan Gratis Selama 3 Pekan
Diresmikan Jokowi, Tol Cisumdawu Akan Gratis Selama 3 Pekan. Gambar : Dok.Setkab

BaperaNews - Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) telah tersambung sepanjang 61,6 km dan diresmikan Presiden Jokowi. Tol akan beroperasi tanpa biaya alias gratis selama 3 minggu setelah peresmian dan setelahnya berlaku biaya.

Tarif Tol Cisumdawu gratis tersebut terdiri dari Seksi 4 8,2 km (Cimalaka-Legok), Seksi 4 14,9 km (Legok-Ujung Jaya), dan Seksi 6 6,1 km (Ujung Jaya-Dawuan). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ketiga ruas sisa Tol Cisumdawu tersebut akan dikenai tarif Rp 1.275/jam sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

“Kira-kira tarif Tol Cisumdawu gratis itu Rp 1.275/jam. Menurut saya murah” kata Basuki di sela-sela acara peresmian hari Selasa (11/7).

Total nilai konstruksi untuk Tol Cisumdawu ialah Rp 18,3 Triliun, separuhnya berasal dari dana pemerintah Rp 9,07 Triliun.

“Jadi Rp 9,07 Triliun itu dari APBN. Itu untuk menekan tarif, kalau investasi semua, pasti jauh lebih mahal. Ini relatif kalau dibandingkan yang lain, belum tanahnya. Total APBN disini Rp 17 Triliun karena ada pembebasan lahan Rp 8,5 Triliun tanah dan Rp 9,07 untuk konstruksi” terangnya. 

Baca Juga : Viral Sopir Bayar Rp 724 Ribu Keluar Tol Cikampek

Untuk waktu penentuan tarifnya, pemerintah akan melihat pengoperasian jalan tol oleh PT Citra Karya Jabar Tol terlebih dahulu. PT Citra Karya Jabar Tol ialah anak perusahaan dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk milik Jusuf Hamka.

“Sekitar 2-3 minggu masa fungsional tolnya, nanti tergantung dari SPMnya, saya minta ini harus dicek dulu supaya bersih, barulah kita kasih tarif” pungkas Basuki.

Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukur Tol Cisumdawu sudah diresmikan dan akan dioperasikan secara penuh pada Oktober 2023 mendatang.

“Alhamdulillah hari ini Tol Cisumdawu sudah selesai dan siap dioperasikan. Kita harapkan setelah jalan tol ini selesai, airport Kertajati sudah operasional penuh. Saya lihat Bandara Kertajati didukung Tol Cisumdawu ini adalah Bandara masa depan kita karena sudah banyak negara luar masuk dan berpartner. Banyak negara lain berbondong datang kesini, artinya ada sesuatu disini. Kita harapkan beroperasinya Tol Cisumdawu ini bisa mempermudah konektivitas ke Bandara Kertajati. Dulu memang kita kerjakan bersamaan agar Bandara jadi tolnya juga jadi” ucap Jokowi dalam peresmian Tol Cisumdawu dan memberikan informasi terkait Tarif Tol Cisumdawu gratis tersebut.

Baca Juga : 13 Jalan Tol Ini Bakal Beroperasi Mulai Pertangahan 2023