Begini Cara Gunakan Fitur Baru Saluran di WhatsApp

WhatsApp merilis fitur terbaru 'Channel' yang memungkinkan pengguna di lebih dari 150 negara untuk berbagi konten dengan lebih kaya.

Begini Cara Gunakan Fitur Baru Saluran di WhatsApp
Begini Cara Gunakan Fitur Baru Saluran di WhatsApp. Gambar : Kolase Ilustrasi Kreator BaperaNews

BaperaNews - WhatsApp, salah satu platform pesan instan populer dunia merilis fitur terbaru yang bernama Channel atau Saluran. Fitur terbaru WhatsApp ini telah tersedia untuk seluruh pengguna secara umum.

Ada jutaan channel tersedia di lebih dari 150 negara untuk memberi pengalaman berbagi yang lebih kaya kepada pengguna. Fitur saluran di WhatsApp dirilis dan dipromosikan langsung oleh Bos Meta Mark Zuckerberg.

“Kami mulai luncurkan fitur Channel WhatsApp secara global dan menambahkan ribuan saluran baru yang bisa diikuti pengguna. Anda bisa temukan Saluran di tab Pembaruan baru” kata Mark sekaligus meluncurkan saluran pribadinya untuk berbagi segala hal tentang WhatsApp.

Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, Esther Samboh mengungkap fitur terbaru WhatsApp berupa Channel sifatnya berbasis persetujuan dan opsional.

Artinya, pengguna punya kontrol penuh saluran apa saja yang ingin diikuti dan saluran apa yang tidak ingin diikuti jika tidak berminat. Saat ini pembuat fitur saluran di WhatsApp masih sebatas akun yang terverifikasi.

Pengguna juga perlu tahu tidak ada dukungan keamanan end to end encryption untuk fitur terbaru WhatsApp meski WhatsApp tetap berkomitmen untuk menjaga data pribadi admin maupun pengikut di saluran. 

Baca Juga : WhatsApp Akan Rilis Fitur Baru, Bisa Kirim Chat ke Aplikasi Lain

Fitur saluran di WhatsApp bersifat satu arah. Pengikut saluran hanya bisa melihat konten yang diposting admin dan memberi reaksi tapi tidak bisa memberi komentar.

Fitur saluran di WhatsApp mulai tersedia secara bertahap pada hari Rabu pekan lalu pukul 20.00 WIB bisa dinikmati semua pengguna ponsel apapun baik Android, iOS, maupun versi web.

Pada intinya, fitur terbaru WhatsApp berupa Channel ini mirip Channel Telegram dimana pengikut mendapat informasi teks, gambar, video, stiker, ataupun tautan. Berikut cara membuat saluran khusus untuk pengguna terverifikasi :

  1. Buka WhatsApp
  2. Masuk ke Pembaruan
  3. Klik ikon + dan ikuti petunjuk
  4. Tambahkan deskripsi dan ikon saluran
  5. Akhiri dengan klik Buat Saluran

Sementara pengguna non verifikasi hanya bisa mengikuti saluran. Pembaruan konten di saluan disimpan selama 30 hari ke belakang setelahnya terhapus otomatis.

“Kami hanya menyimpan riwayat di Saluran selama 30 hari. Admin punya opsi memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka” bunyi keterangan resmi WhatsApp.

Baca Juga : Baru! Kini WhatsApp Punya Fitur Saluran atau Channels