Baru! Kini WhatsApp Punya Fitur Saluran atau Channels

WhatsApp merilis fitur saluran yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pembaruan dari orang atau organisasi yang mereka ikuti secara pribadi.

Baru! Kini WhatsApp Punya Fitur Saluran atau Channels
Baru! Kini WhatsApp Punya Fitur Saluran atau Channels. Gambar : Reuters/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Fitur baru WhatsApp berupa saluran (channel) atau pesan siaran resmi dirilis pada hari Rabu (13/9).

Saluan tersedia untuk seluruh pengguna di lebih dari 150 negara dunia selama beberapa minggu ke depan. Fitur baru WhatsApp ini diumumkan bos Meta Mark Zuckerberg melalui saluran barunya.

“Senang sekali memperkenalkan pada Anda semua pada fitur saluran WhatsApp. Ini adalah cara pribadi baru Anda untuk mendapat pembaruan dari orang atau organisasi yang Anda ikuti. Saya sendiri memulai channel WhatsApp ini untuk berbagi pembaruan Meta” kata Mark.

Cara Akses Fitur Saluran WhatsApp

Fitur baru WhatsApp berupa saluran pertama kali dikenalkan kepada pengguna di Singapura dan Kolombia pada Juni 2023 lalu kemudian diperkenalkan ke 7 negara lain pada Juli 2023.

Fitur saluran WhatsApp berada di tab terpisah. Pengguna lain tidak bisa melihat saluran apa saja yang Anda ikuti. Informasi pribadi seperti nomor telepon juga tidak akan diketahui admin maupun pengikut saluran.

Fitur utama channel WhatsApp ialah untuk berkomunikasi melalui pesan siaran yang bisa menjadi solusi interaksi baru. Pengikut bisa bereaksi misalnya dengan memberi emoji. Pengguna pun bisa melihat jumlah reaksi yang ada di bawah pesan. 

Baca Juga : WhatsApp Akan Rilis Fitur Baru, Bisa Kirim Chat ke Aplikasi Lain

Channel WhatsApp Berdasarkan Negara

Tiap pengguna akan temukan channel WhatsApp sesuai negara dimana ia tinggal. Pengguna bisa mengurutkan daftar channel berdasarkan yang terbaru, terpopuler, atau paling aktif.

Meta masih membatasi kemampuan channel untuk organisasi atau individu tertentu namun perusahaan berjanji akan memberi izin semua orang untuk membuat channel.

Tidak dijelaskan berapa jumlah channel WhatsApp yang sudah ada saat ini, mereka menyebut sudah ribuan jumlahnya.

Fitur Terbaru WhatsApp Lainnya

Fitur terbaru lain yang juga dirilis WhatsApp ialah fitur edit pesan yang memungkinkan admin mengedit pesan hingga 30 hari, memungkinkan pengguna mengedit pesan ke grup atau individu dengan jangka waktu 15 menit, hingga filter grup chat untuk mempermudah pengguna mengatur obrolan.

Khusus fitur filter grup chat WhatsApp dibuat agar pengguna punya kontrol lebih besar atas obrolan mereka, bisa menyederhanakan dan menentukan prioritas pesan. Pengguna bisa menyusun daftar obrolan grup dan memisahkan obrolan grup dengan percakapan individu.

Terakhir dari fitur terbaru WhatsApp ialah filter pribadi diubah namanya menjadi Kontak, Bisnis dihapus dalam pembaruan, dan ada filter khusus grup. WhatsApp masih aktif kerjakan fitur lain seperti verifikasi email dan menyembunyikan alamat IP selama panggilan serta merespon status pengguna dengan avatar untuk memperkaya pengalaman.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp, Bisa Buat Grup Tanpa Nama