7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islam

Inovasi teknologi hadir di berbagai bidang yang dapat mempermudah segala kegiatan salah satunya kegiatan ibadah umat islam!

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islam
7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islam. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews -  Inovasi teknologi hadir di berbagai bidang, semuanya dibuat untuk mempermudah kegiatan manusia, segala sesuatu menjadi lebih cepat dan efisien, termasuk dalam hal ibadah. Bagi umat islam, saat ini ialah moment yang indah dimana seluruh umat islam di dunia sedang menjalankan ibadah bulan Ramadhan, nah, ada juga loh teknologi yang membantu memperlancarkan ibadah umat islam.

Berikut 7 inovasi teknologi canggih tersebut.

  1.       Masjid Berjalan

Diciptakan ketika ajang Olimpiade Tokyo 2020, dibuat dari truk kontainer yang dimodifikasi, badan truk bisa melebar dan meluas mampu menampung 50 orang, juga dilengkapi kran air untuk berwudhu. Masjid ini juga ada di Indonesia loh, namanya Mobile Masjid, dibuat oleh Muhammad Sobirin dan sudah beroperasi sejak Juni 2015 di Bandung.

  1.       Pembatas Air Wudhu

Sebagian orang masih boros dalam memakai air wudhu, terciptalah alat canggih keran hemat yang bisa membatasi air keluar, terbukti ia bisa menghemat pengeluaran air hingga 50%.

  1.       Tasbih Digital

Alat ini sudah umum ditemui di Indonesia, punya ukuran kecil dan praktis dibawa kemana saja, dilengkapi dengan tombol khusus untuk menghitung lafal dzikir.

  1.       Al Qur’an Digital

Ialah Al Qur’an yang berada dalam bentuk gadget, dilengkapi dengan pen yang bisa berbunyi ketika menunjuk sebuah ayat, sehingga sangat cocok untuk pemula yang masih belajar membaca dan melafalkan ayat Al Qur’an, selain itu, Al Qur’an digital juga dilengkapi dengan tajwid berupa tanda warna.

Baca juga: 5 Teknologi Marvel Di Dunia Nyata, Ada yang Bisa Dibeli

  1.       Jam Pengingat Shalat

Jam jenis ini sudah dipakai di sejumlah masjid besar di Indonesia, memiliki pengingat waktu untuk shalat yang akan berbunyi alarmnya ketika waktu shalat tiba. Teknologi ini memudahkan para pengurus masjid ketika mengumandangkan adzan bisa lebih tepat waktu, jam ini juga dilengkapi dengan lantunan ayat Al Qur’an yang bisa didengarkan kapan saja.

  1.       Pneumatic Tube

Merupakan alat untuk mengatasi sampah di Masjidil Haram yang tiap tahunnya dikunjungi jutaan umat muslim seluruh dunia, per hari bisa menghasilkan sampah hingga 600 ton sehingga begitu berat jika harus membersihkan secara manual.

Pengurus pun membuat inovasi alat Pneumatic Tube, sampah disalurkan ke sebuah lubang dan disedot ke tempat penyaluran bawah tanah, dan disana akan otomatis masuk ke truk yang membawanya ke pembuangan sampah akhir.

  1.       Zakat Uang Digital

Masjid Shacklewell London Inggris memakai zakat dengan uang digital untuk sedekah dan menerima juga bitcoin atau ethereum. Para penyumbang bisa memakai QR code dan uang akan ditransfer dalam bentuk kripto sebelum ditukar ke poundsterling.

Baca juga: Top 3 Tekno, Spesifikasi dan Harga Galaxy A33 5G Paling Populer