Hore! Kini Transaksi dan Belanja di Vietnam Bisa Pakai QRIS

Vietnam akan bergabung dengan Indonesia untuk mempermudah akses transaksi dan belanja dengan menggunakan QRIS. Simak selengkapnya!

Hore! Kini Transaksi dan Belanja di Vietnam Bisa Pakai QRIS
Hore! Kini Transaksi dan Belanja di Vietnam Bisa Pakai QRIS. Gambar: Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Vietnam akan bergabung dengan Indonesia dan negara ASEAN lainnya untuk perkuat kerjasama bidang pembayaran di kawasan.

Hal ini disampaikan dalam sebuah kesepakatan Regional Payment Connectivity (RPC) dimana keputusan direalisasikan ketika Vietnam hadir dalam ASEAN Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (AFMGM) Ke-2 di Jakarta pada 25 Agustus 2023 mendatang. Kerjasama ini artinya Vietnam menerima QRIS sebagai salah satu metode pembayaran mereka.

“Yang sudah siap itu Vietnam. Semoga sudah bisa signing tanggal 25 Agustus 2023 mendatang. Ada 2 negara lagi mau signing tapi yang seluruh prosesnya sudah selesai baru Vietnam” terang Direktur Departemen Internasional Bank Indonesia Savitri Hafid hari Senin (21/8).

Kesepakatan kerjasama pemakaian QRIS Bank Indonesia sebagai alat pembayaran dibuat dalam MoU dan menjadi langkah awal untuk kerjasama transaksi pakai QRIS, Real Time Gross Statement (RTGS), data framework, hingga Application Programming Interface (API).

Baca Juga : X/Twitter Akan Hapus Fitur Blokir

“Kia sudah buat roadmap untuk ke depannya di regional payment connectivity tapi saya belum bisa spill disini, roadmap ini akan memetakan 5-6 negara lainnya” imbuhnya.

Sebelum Vietnam, negara lain yang udah bergabung bersama QRIS Bank Indonesia ialah Malaysia oleh Bank Negara Malaysia (BNM), Filipina oleh Bangko Sentral Ng Pilipinas (BSP), dan Singapura oleh Monetary Authority of Singapore (MAS).

Kerjasama dengan QRIS Bank Indonesia dilakukan dalam rangka memudahkan pembayaran lintas batas menjadi lebih murah, cepat, transparan, inklusif, dan mengurangi dominasi dollar. Bank Indonesia terus perluas kerjasama transaksi dengan QRIS dengan negara-negara Asia Tenggara untuk memudahkan transaksi digital.

Dengan adanya QRIS di negara lain selain Indonesia, warga Indonesia yang berkunjung bisa melakukan pembayaran dengan QRIS. Warga luar negeri yang hendak bertransaksi dengan warga Indonesia juga bisa memakai QRIS sebagai alat pembayarannya sehingga memberi kemandirian di kawasan dan mengurangi ketergantungan dollar pada transaksi antar negara Asia Tenggara.

QRIS baru-baru ini mengumumkan akan menambah fitur baru yang disebut QRIS Tuntas dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk tarik tunai dan transfer tunai tanpa harus memiliki rekening Bank. Belum diketahui apakah fitur QRIS Tuntas ini juga bisa dipakai ke luar negeri atau masih sebatas sebagai alat pembayaran saja.

Baca Juga : Mudah, Begini Cara Tarik Tunai dan Transfer Pakai QRIS