Wow! Pempek Masuk 5 Besar Makanan Olahan Seafood Terenak di Dunia

Makanan asal Palembang, Pempek masuk ke dalam 5 besar makanan olahan seafood terenak di dunia versi Taste Atlas.

Wow! Pempek Masuk 5 Besar Makanan Olahan Seafood Terenak di Dunia
Pempek Masuk 5 Besar Makanan Olahan Seafood Terenak di Dunia. Gambar : Pexels.com/Dok.Jamaludin Muh

BaperaNews - Pempek, makanan asli Palembang yang terkenal seantero Nusantara ternyata tidak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia. Baru-baru ini, pempek masuk 5 besar makanan olahan seafood terenak di dunia versi Taste Atlas.

Taste Atlas menyampaikan hasil surveynya pada Senin (13/5) dan pempek masuk 5 besar makanan olahan seafood terenak di dunia.

Pempek Indonesia berada di ranking ke-4 sebagai makanan terenak di dunia di dalam kategori hidangan seafood atau dengan nilai 4,7. Makanan terenak ini (pempek) mengalahkan puluhan jenis makanan seafood dari negara lainnya.

Diketahui pempek ialah makanan dari bahan dasar ikan laut yang digiling dan kemudian dicampur dengan tepung. Pempek biasa disajikan dengan cara digoreng hingga kuning kecoklatan, kemudian diberi kuah khas warna kuning tua dengan rasa campuran manis, asam, dan pedas.

Saat ini ada beberapa jenis pempek seperti pempek kapal selam, lenjer, keriting, pistel, tahu, adaan, dan lainnya. Saat ini juga sudah banyak olahan dan pengembangan pempek, misalnya menambah pempek dengan telur, keju, dan daging untuk menambah kelezatan dan varian rasanya.

Baca Juga : Keren! Pisang Goreng Dinobatkan Sebagai Camilan Terlezat Sedunia

Tentang asal usulnya, konon dulunya ada seorang warga Palembang yang merasa bosan selalu makan ikan goreng dan ikan bakar. Ia kemudian berinisiatif untuk menggiling daging ikan dan mencampurnya dengan tepung. Berhasil membuat makanan baru, ia akhirnya menjualnya ke warga sekitar dengan cara keliling naik sepeda.

Seiring waktu, pempek makin banyak dikenal, penjual lain juga berupaya memasaknya dan menjualnya, hingga kini pempek bisa ditemui di hampir seluruh wilayah Indonesia sebagai makanan tradisional yang lezat dan berhasil menjadi makanan olahan seafood terenak di dunia

Berikut daftar 10 makanan olahan seafood terenak di dunia versi taste Atlas :

  1. Ameijoas a Bulhao Pato dari Portugal dengan skor 4,8
  2. Gambas al Ajillo dari Spanyol dengan skor 4,7
  3. Ceviche Mixto dari Peru dengan skor 4,7
  4. Pempek dari Indonesia dengan skor 4,7
  5. Espetos dari Spanyol dengan skor 4,7
  6. Maguro Nigiri Sushi dari Jepang dengan skor 4,7
  7. Otoro Nigiri Sushi dari Jepang dengan skor 4,7
  8. Loimulohi dari Firlandia dengan skor 4,7
  9. Conchitas a la parmesana dari Peru dengan skor 4,7
  10. Vieiras en su concha dari Spanyol dengan skor 4,7

Taste Atlas sendiri ialah situs kuliner dari Kroasia yang sering mengulas makanan tradisional dan lokal dari berbagai negara. Situs ini telah mengulas puluhan ribu makanan dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi