Rangkuman Kabar Terkini Invasi Rusia Hari ke 27, Operasi Militer Meningkat

Memasuki hari ke 29 Invasi Rusia ke Ukraina, Rusia terus meningkatkan operasi militernya!

Rangkuman Kabar Terkini Invasi Rusia Hari ke 27, Operasi Militer Meningkat
Kondisi Terkini Invasi Rusia Ke Ukraina. Gambar: AP Photo

BaperaNews - Hari Kamis, 24 Maret 2022 sudah menjadi hari ke 29 Invasi Rusia ke Ukraina, operasi militer bukannya menurun namun justru semakin meningkat, peperangan tidak hanya dari darat dan udara, kini juga sudah merambah ke laut, kapal-kapal perang Rusia mengepung dan siap menyerang Ukraina. Kami sajikan kabar terbaru terkait perang Rusia dan Ukraina untuk Anda dalam rangkuman berita berikut ini.

  1.       Kapal Perang Rusia Serang Mariupol

Angkatan laut Rusia melancarkan rudal dari kapal mereka ke Mariupol melalui Laut Azov, sebelumnya dikabarkan pasukan darat Rusia mulai kewalahan menghadapi serangan balik dari pasukan Ukraina. Pejabat AS menyebut Mariupol telah dihujani rudak jarak jauh dari kapal perang Rusia sebanyak 21 kapal di Laut Hitam termasuk Laut Azov.

Menurut gambar satelit dari Maxar Technologies hari Selasa pagi 22 Maret 2022, asap tebal terlihat mengepul dari sejumlah gedung di Mariupol, di kota ini pertempuran sengit terus berlangsung padahal masih ada warga sipil yang terjebak dan belum lepas dari koridor evakuasi kemanusiaan yang sempat dibuka Rusia.

  1.       Belarus Segera Ikut Serang Ukraina

Pejabat AS dan NATO yakin Belarus siap mendukung Rusia menyerang Ukraina, Belarus sendiri ialah salah satu Negara sekutu Rusia. “Presiden Rusia Vladimir Putin membutuhkan dukungan, apapun yang akan membantu” ujar salah satu pejabat tersebut hari Senin 21 Maret 2022.

Baca Juga: Dubes Rusia, Presiden Vladimir Putin Akan Hadiri KTT G20 Di Bali

Pejabat senior intelijen NATO juga menyebut Belarus siap menyerang Ukraina, “Belarus sedang bersiap wilayah untuk membenarkan serangan terhadap Ukraina” ujarnya.

  1.       Pasukan Ukraina Serang Balik Rusia di 5 Titik

Video drone di Ukraine menampilkan sejumlah kendaraan militer Rusia hancur di lokasi yang sama, yakni Makariv, Borodyanka, Sungai Irpin, Kherson, dan Mykolaiv. Kelima titik tersebut menjadi lokasi terbesar serangan balik pasukan Ukraina ke militer Rusia, ledakan terus terjadi, pasukan Rusia berusaha menguasai kota-kota namun pasukan Ukraina juga melakukan perlawanan sengit.

  1.       Tangan Kanan Putin Mundur

Salah satu tangan kanan Presiden Rusia, Vladimir Putin, Anatoly Chubais menyatakan mundur dari lobi internasional jelang sebulan invasi Rusia ke Ukraina. Dilansir dari Reuters, Chubais disebut meninggalkan Rusia, beberapa media mencoba menghubunginya namun tidak ada tanggapan.

Hal ini pun dihubungkan dengan pernyataan Putin pada 16 Maret 2022 lalu yang menyebut jika ada warganya yang mendukung barat maka dianggap sebagai pengkhianat Negara. “Barat akan mencoba mengandalkan pengkhianat nasional, orang-orang ini tidak bisa hidup dengan kebebasan gender dan oyster” tuturnya.

Baca Juga: 8 Fakta Ibu Membunuh Anak Kandung Di Brebes, Suami Menganggur, Depresi Hingga Ingin Selamatkan Anak