Penyebab WhatsApp Tak Bisa Digunakan Mulai 24 November

Platform pesan instan, WhatsApp akan memblokir beberapa handphone di sejumlah sistem operasi di Android dan iPhone yang sudah tidak mendukung fitur WA.

Penyebab WhatsApp Tak Bisa Digunakan Mulai 24 November
Penyebab WhatsApp tidak bisa digunakan mulai 24 November. Gambar : Unsplash.com/Dok. Aarn Giri

BaperaNews - Mulai hari ini, Senin 24 Oktober 2022, sejumlah sistem operasi di Android dan iPhone tidak lagi bisa memakai WhatsApp. Pesan instan tersebut akan menghentikan dukungannya untuk beberapa handphone, semua fitur WhatsApp akan diblokir dari handphone tersebut.

WhatsApp berhenti beroperasi pada iPhone iOS 10 dan 11, hanya iOS 12 atau yang lebih baru dan Android OS 4.1 atau yang lebih baru yang bisa menggunakan WhatsApp. Menurut WhatsApp, sistem tersebut sudah kuno, sedangkan WhatsApp terus mengupdate dan memperbarui fiturnya.

“Sebagaimana perusahaan teknologi lainnya, kami meninjau perangkat kami dan perangkat mana yang terlama dengan jumlah pengguna paling sedikit untuk menentukan dukungan apa yang bisa dihentikan” tulisnya di laman resmi WhatsApp pada Minggu (23/10).

Perangkat yang dihentikan dukungannya disebut tidak memiliki sistem pembaruan keamanan yang sesuai dan tidak fungsionalitas untuk menjalankan WhatsApp padahal pengguna harus terus memperbarui aplikasi untuk bisa terus menggunakannya.

Pengguna iOS 10 atau 11 perlu update ke iOS 12, begitu pula pengguna iPhone 5S, iPhone 6, atau iPhone 6s, harus update ke iOS 12. iPhone yang hingga kini masih memakai iOS 10 dan 11 ialah iPhone 5 dan iPhone 5c, dua jenis iPhone tersebut tak bisa lagi menggunakan WhatsApp, iOS 12 disebut tidak bisa kompatibel dengan perangkat tersebut.

Baca Juga : WhatsApp Down Terjadi Di Seluruh Dunia, WhatsApp Buka Suara

Namun untuk pengguna iPhone 5s, iPhone 6, dan iPhone 6s masih bisa menggunakan WhatsApp dengan update ke iOS 12 terlebih dahulu. “Jika tidak, aplikasi akan berhenti beroperasi di ponsel mereka setelah 24 Oktober 2022” imbuhnya.

Untuk Android, masih belum berubah Android OS 4.1 Jelly Bean ke atas atau pengguna Nokia wajib memakai Kai OS 2.5.0. Sistem operasi lama mungkin tidak mendukung fungsionalitas yang baru, versi terbaru WhatsApp tidak akan bisa berfungsi pada platform lama.

Mempertahankan sistem operasi lama disebut membutuhkan biaya besar padahal penggunanya semakin sedikit, sebab itulah WhatsApp memutuskan untuk memblokir akses layanannya pada perangkat-perangkat lama.

Hal ini tidak akan merugikan, saat ini masyarakat banyak beralih ke perangkat baru, pengguna WhatsApp diperkirakan tidak akan berkurang, terlebih WhatsApp saat ini masih jadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia.

Baca Juga : Daftar HP Yang Diblokir WhatsApp Mulai 24 Oktober