MenpanRB Umumkan Seleksi CPNS Dibuka September Mendatang!

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas, mengumumkan jadwal seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023 akan dibuka pada bulan September mendatang. Simak selengkapnya disini!

MenpanRB Umumkan Seleksi CPNS Dibuka September Mendatang!
MenpanRB Umumkan Seleksi CPNS Dibuka September Mendatang. Gambar : Kompas.com/Dian Erika

BaperaNews - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, mengumumkan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023 akan segera dibuka pada bulan September mendatang. 

Pembukaan seleksi ini akan dilakukan setelah formasi untuk CPNS ditetapkan secara resmi. Menpan RB juga telah melaporkan rencana seleksi CPNS 2023 kepada Presiden Joko Widodo.

“September 2023 ini mulai kan kita tetapkan dulu formasinya. Sudah kami usulkan ke Kementerian Keuangan. Saya sudah sampaikan ke kementerian dan lembaga juga,” ujar Anas.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sedang memantapkan rencana penetapan formasi rekrutmen CPNS 2023, yang direncanakan akan dibuka pada bulan September 2023.

Jumlah formasi CPNS yang akan dibuka belum diketahui secara pasti, namun berdasarkan usulan dari berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, terdapat sekitar 1.030.000 formasi yang dibutuhkan untuk CPNS mendatang.

Baca Juga : Fakta-Fakta Lowongan CPNS 2023, Ada Kisi-Kisi Tesnya!

Pada seleksi CPNS 2023 ini, pemerintah akan berusaha menyelesaikan perekrutan tenaga non-ASN (Aparatur Sipil Negara) sekaligus mengambil kalangan lulusan baru atau fresh graduate.

Rincian formasi CPNS 2023 yang dibutuhkan secara rinci masih dalam proses penghitungan dan validasi oleh Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara BKN.

Dari total keseluruhan formasi yang akan dibuka itu, sebanyak 80 persen diperuntukan untuk formasi pegawai pemerintah untuk perjanjian kerja. Sedangkan 20 persen sisanya diperuntukan bagi para fresh graduate atau peserta yang baru lulus.

Anas menjelaskan, pembagian formasi seperti itu, harapan pemerintah CPNS 2023 bisa menyelesaikan persoalan tentang tenaga honorer. Sekaligus, memberikan kesempatan kepada fresh graduate untuk mengabdi kepada negara.

“Yang 20 persen untuk fresh graduate. Nah fresh graduate ini apa saja sekarang masih kami utamakan yang talenta digital,” tutur Anas.

Anas juga menjelaskan, formasi CPNS yang disiapkan untuk mengakomodasi adanya komplain lulusan baru yang mau mengabdi kepada bangsa. Khususnya untuk talenta digital atau berhubungan dengan IT.

“Faktor digitalisasi ini kalau jalan di daerah, mestinya tenaga teknisnya tidak di rekrut terus karena kan digital,” kata Anas.

Dengan adanya pengumuman ini, diharapkan para calon pelamar CPNS dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi yang akan dibuka pada bulan September 2023.

Baca Juga : Dibuka Khusus Talenta Digital di Rekrutmen CPNS 2023!