Kini Elon Musk Resmi Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Setelah sebelumnya sempat berada di bawah posisi CEO LVMH Bernard Arnault pada Desember 2022 lalu, kini Elon Musk kembali menjadi orang terkaya di dunia.

Kini Elon Musk Resmi Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia
Elon Musk resmi kembali jadi orang terkaya di dunia. Gambar : Reuters/Dok. Hannibal Hanschke

BaperaNews - Setelah sebelumnya sempat berada di bawah posisi CEO LVMH Bernard Arnault pada Desember 2022 lalu, kini Elon Musk kembali menjadi orang terkaya di dunia. Nilai saham Tesla telah berhasil menempatkan Elon Musk kembali ke puncak Indeks Miliarder real-time.

Nilai Kekayaan Elon Musk

Nilai kekayaan Elon Musk secara bersih mencapai angka US$187,1 miliar atau Rp 2.847,9 triliun (kurs Rp15.221 per dolar AS). 

Pada tahun lalu, nilai saham Tesla sempat turun tajam di tengah akuisisi Twitter yang bermasalah oleh Elon Musk serta penurunan pasar yang lebih luas dalam sektor teknologi. Namun pada 2023, saham Tesla telah berhasil kembali melonjak

Walaupun kini Elon Musk telah kembali menjadi orang terkaya di dunia, Elon Musk juga memegang rekor pengurangan kekayaan terbesar sepanjang sejarah.

Pada akhir tahun lalu, Elon Musk menjadi orang pertama yang mengalami kehilangan kekayaan mencapai US$200 miliar, usai kekayaan bersihnya turun pada November 2021 dari sekitar US$340 miliar menjadi US$137 miliar pada Desember 2022.

Baca Juga : Elon Musk Mau Beli Manchester United, Sudah Siapkan Dana Rp 83 T

Sebagian besar kekayaan Elon Musk terikat di Tesla yang nilai sahamnya menurun 66 persen sepanjang tahun 2022 lalu. Adapun penyebab turunnya nilai saham yaitu permintaan Tesla yang melemah lantaran persaingan kendaraan listrik dari pembuat mobil mapan melonjak tahun lalu.

Tesla kehilangan target pertumbuhannya sehingga Elon Musk harus mengurangi produksi Tesla di China.

Adapun bukti menurunnya minat pembeli mobil terhadap Tesla dapat terlihat jelas pada bulan lalu usai perusahaan mengumumkan penjualan langka dalam upaya untuk menghabiskan stok.

Tesla diketahui menawarkan 2 potongan harga bagi pembeli yang menerima pengiriman kendaraan sebelum akhir tahun. Pada awalnya, Tesla menawarkan diskon sebesar US$3.750. Tak hanya sampai disitu, Tesla pun menggandakan potongan harga mereka menjadi US$7.500 pada 2 minggu sebelum tahun 2022 berakhir.

Pembelian Twitter dengan harga US$44 miliar oleh Elon Musk juga tidak membantu nilai saham Tesla atau kekayaan pribadi Elon Musk.

Baca Juga : Elon Musk Mundur Dari CEO Twitter Tahun Ini!