Kemenhub Buka Mudik Gratis Nataru 2023, Ini Kota Tujuan dan Cara Daftarnya!

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran program mudik gratis Nataru (Natal 2023 dan Tahun Baru 2024) khusus bagi pengguna sepeda motor.

Kemenhub Buka Mudik Gratis Nataru 2023, Ini Kota Tujuan dan Cara Daftarnya!
Gambar : TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci

BaperaNews - Pemerintah Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, menyelenggarakan program mudik gratis Nataru (Natal 2023 dan Tahun Baru 2024) khusus bagi pengguna sepeda motor.

Pendaftaran untuk program ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5-20 Desember 2023. Program mudik gratis Nataru 2023/2024 akan berlangsung mulai 20 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Sebelumnya, hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) menunjukkan bahwa sebanyak 107,63 juta atau 39,83 persen dari total populasi nasional berencana bepergian selama periode tersebut. Mayoritas dari mereka akan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor.

Menanggapi hasil survei tersebut, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto, menyatakan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan mudik gratis di libur Nataru sebagai respons atas arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno.

Dalam rencana penyelenggaraan mudik gratis Nataru, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub telah menyiapkan kuota 90 unit Bus AKAP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Sementara itu, untuk kendaraan sepeda motor, disiapkan 120 unit dengan empat truk.

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama dan Hari Libur Nasional 2024 Sebanyak 27 Hari

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat. Setelah mendaftar, masyarakat diharapkan melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan.

Guna memastikan kelayakan bus dan truk sebagai armada mudik gratis Nataru 2023, dijadwalkan akan dilakukan ramp check pada tanggal 18-20 Desember 2023.

Rencananya, keberangkatan sepeda motor dengan truk akan dilakukan pada Jumat, 22 Desember, dari Terminal Tipe A Pondok Cabe.

Sementara pelepasan mudik gratis bagi penumpang dijadwalkan pada Sabtu, 23 Desember 2023, dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Adapun kota tujuan Mudik Gratis Nataru mencakup beberapa rute populer, antara lain:

  1. Jakarta - Solo
  2. Jakarta - Yogyakarta
  3. Jakarta - Surabaya
  4. Jakarta - Wonosobo
  5. Jakarta - Semarang
  6. Jakarta - Wonogiri
  7. Jakarta - Cilacap
  8. Jakarta - Purwokerto
  9. Jakarta - Malang
  10. Jakarta - Kediri
  11. Jakarta - Madiun

Selain itu, terdapat juga bus disabilitas dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang yang disiapkan untuk melayani penumpang. Sepeda motor akan diberangkatkan menuju dua kota tujuan, yakni Solo dan Yogyakarta.

Suharto menjelaskan, "63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang (2.520 penumpang) dan Terminal Kampung Rambutan 27 bus (1.080 penumpang)."

Program mudik gratis Nataru 2023 ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga : Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Akan Tambah Maskapai Penerbangan