Terungkap 4 Penyebab Diabetes, Ternyata Bukan Karena Makan Gula

Ternyata penyebab diabetes bukan karena makan gula, inilah 4 penyebab diabetes yang harus kalian ketahui, yuk simak infonya

Terungkap 4 Penyebab Diabetes, Ternyata Bukan Karena Makan Gula
Terungkap 4 Penyebab Diabetes, Ternyata Bukan Karena Makan Gula. Gambar : PhotoMIX-Company/Pixabay

BaperaNews - Di Indonesia sendiri, penderita penyakit diabetes saat ini sudah mencapai 10 juta jiwa. Diprediksikan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah hingga mencapai 30 juta jiwa di tahun 2030 jika gaya hidup masyarakat saat ini tak diubah.

Meskipun penyakit diabetes tergolong populer di masyarakat dan bahkan mungkin di keluarga kalian ada yang mengalaminya, penyebab dari penyakit ini pun masih belum banyak yang mengetahuinya. Hanya penyebab secara garis besar saja yang diketahui karena banyaknya kadar gula dalam darah atau bahkan karena keturunan.

Dilansir dari Times of India, setidaknya terdapat beberapa fakta yang dianggap cukup mengejutkan dan wajib kalian ketahui agar bisa mengubah gaya hidup saat ini menjadi lebih baik.

Fakta Pertama

Mitos : makan makanan yang terlalu banyak kandungan gula bisa menyebabkan diabetes.

Fakta : minum soda dan makanan manis, tidak berdampak langsung pada peningkatan resiko diabetes, tapi meningkatkan resiko terjadinya obesitas yang mana akan mengakibatkan penyakit diabetes.

Berarti disini makan terlalu banyak kula tidak menyebabkan diabetes. Gula dan penyakit diabetes mempunyai hubungan yang dikatakan cukup rumit. Kondisi ini jelas terlihat pada penderita diabetes tipe 2. Saat tubuh kalian tak mampu memproduksi insulin dengan baik, secara otomatis akan berdampak langsung pada peran insulin sebagai pengontrol kadar gula dalam darah. Jika kadar gula dalam darah meningkat, maka akan menyebabkan obesitas yang mana berdampak langsung pada penyebab diabetes itu sendiri.

Fakta Kedua

Mitos : larangan bagi penderita diabetes untuk makan makanan manis.

Fakta : untuk bisa makan kue, para penderita diabetes membutuhkan perencanaan lebih lanjut. Pasalnya kebutuhan kadar gula dalam darah didapatkan dari karbohidrat yang kalian makan sehari – hari. Jadi pernyataan penderita diabetes tidak bisa makan gula adalah mitos belaka.

Fakta Ketiga

Mitos : jika kalian penderita diabetes, maka bayi kalian juga akan terkena diabetes (gestational diabetes)

Fakta : setidaknya ada kurang lebih 9 persen wanita saat sedang hamil menjadi resisten insulin. Ingat, dalam kondisi ini bayi kalian tidak berarti akan sama mengalami nasib menderita diabetes saat dilahirkan nanti.

Fakta Keempat

Mitos : tidak ada pengaruh kesehatan mental pada penderita diabetes.

Fakta : emosi sulit untuk dikendalikan saat kalian sedang menderita diabetes. Kebanyakan dari para penderita diabetes akan sering cemas, tertekan hingga marah. Stres menjadi pemicu utama saat tahu berapa kadar gula dalam darah setelah melakukan pemeriksaan rutin.