Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang Libatkan 6 Kendaraan Ringsek Parah

Enam kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di tol Semarang-Solo, Jawa Tengah. Simak kronologinya di sini!

Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang Libatkan 6 Kendaraan Ringsek Parah
Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang Libatkan 6 Kendaraan Ringsek Parah. Gambar : iNews/Kristadi

BaperaNews - Enam kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun di Km 422 jalur B ruas Tol Semarang-Solo, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/9), pukul 11.00 WIB mengakibatkan sejumlah mobil menumpuk. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Kecelakaan tol Semarang ini melibatkan Honda Freed, Honda CRV, Toyota Hiace, Mazda, sebuah bus, dan sebuah truk, yang semuanya bergerak dari arah Ungaran menuju Semarang. Foto dari lokasi memperlihatkan beberapa mobil ringsek dan dalam posisi tumpang tindih. Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi mengungkapkan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Kronologi kecelakaan tersebut mengungkap bahwa bus yang terlibat mengalami kecelakaan saat melaju di lajur kanan dari arah selatan ke utara, atau arah Solo ke Semarang. Keempat kendaraan lain yang terlibat bergerak lambat karena adanya perbaikan jalan.

Bus tersebut, kemudian menabrak kendaraan lain dari belakang. Kecelakaan tol Ungaran ini diduga terjadi karena sopir bus kurang waspada, pandangan depan terhalang, dan kurang menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Satake Bayu menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi pada saat terjadi pelambatan arus lalu lintas dikarenakan adanya aktivitas perawatan jalan oleh pihak pengelola tol.

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal di Jaktim, Mobil Terguling Gegara Pengemudi Main Hp

"Kendaraan yang lewat sana pelan semua mengurangi kecepatan," ujar Kombes Bayu. Pihak berwajib masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap sopir bus untuk menggali informasi lebih detail mengenai penyebab kecelakaan ini.

Pengguna jalan tol diingatkan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, menjaga kecepatan, dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain untuk menghindari kecelakaan. Pihak kepolisian juga menghimbau agar pengguna jalan raya selalu waspada terhadap kondisi lalu lintas dan kondisi jalan untuk menghindari insiden serupa.

Menurut AKBP Yunaldi, lalu lintas kendaraan dari arah Solo menuju Semarang sudah kembali lancar usai evakuasi keenam kendaraan tersebut. Meski lalu lintas telah kembali normal, para pengemudi diimbau untuk tetap berhati-hati, mematuhi aturan lalu lintas, dan selalu mengendalikan kecepatan kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan serupa di masa mendatang.

Kecelakaan ini menjadi peringatan bagi kita semua untuk selalu mengedepankan keselamatan dalam berkendara, terutama di area tol seperti Semarang dan Ungaran, di mana kecepatan kendaraan cenderung lebih tinggi. Kesadaran akan pentingnya menjaga jarak dan kecepatan yang aman dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan beruntun dan kecelakaan lainnya.

Jadi, marilah kita semua mengambil pelajaran dari insiden ini dan menjadikannya sebagai motivasi untuk selalu berkendara dengan aman dan mematuhi semua aturan yang ada demi kebaikan bersama.

@baperanews.com ⚠️WARNING SENSITIVE CONTENT⚠️‼️ Enam kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Km 422 jalur B ruas Tol Semarang-Solo, di wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/9/2023), pukul 11.00 WIB. #viral #lakalantas #semarang ♬ suara asli - ????????????????????????

Baca Juga: Sopir Truk Ditetapkan Sebagai Tersangka Kecelakaan Tol Bawen