Kebakaran RSUP Dokter Kariadi Semarang, Pasien Sudah Dievakuasi

Terjadi peristiwa kebakaran di RSUP Dokter Kariadi Semarang pada Kamis (30/12) dan seluruh pasien yang terluka sudah dievakuasi.

Kebakaran RSUP Dokter Kariadi Semarang, Pasien Sudah Dievakuasi
RSUP Dokter Kariadi Semarang. Gambar : Dok. Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

BaperaNews - RSUP Dokter Kariadi Semarang Jawa Tengah dilanda kebakaran pada kamis 30/12/2021 malam. Berdasarkan informasi, api berkobar dari ruang MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang bersebelahan dengan ruang pasien Kasuari. Api mulai terlihat jam 18.45 WIB dan membesar dengan cepat.

Kepulan asap pun langsung masuk dan menyebar ke bangsal pasien sehingga para pasien yang berada di dalam RSUP Dokter Kariadi Semarang panik berusaha menyelamatkan diri, para petugas segera membantu korban untuk keluar dari ruangan. Pada jam 19.45 WIB seluruh pasien sudah berhasil dipindahkan ke ruang Paviliun Garuda.

Kombes Pol Irwan Anwar Kapolrestabes Semarang memberikan keterangan, awal mula kebakaran RSUP Dokter Kariadi Semarang terlihat dari kantor mereka, ia pun segera mengerahkan personel dinas kebakaran untuk membantu penanganan dan mengamankan lokasi.

“Api terlihat dari kantor kami, asap mengepul besar dan hitam, langsung kita kerahkan personil menuju kesana untuk membantu penanganan, keselamatan pasien terlebih dahulu yang diutamakan” kata Irwan di lokasi.

Belasan mobil pemadam kebakaran pun datang untuk memadamkan api di RSUP Dokter Kariadi Semarang dan berhasil padam jam 20.40 WIB, namun pada jam 21.30 WIB api kembali muncul di ruangan yang sama yakni ruang MRI hingga petugas kebakaran harus kembali memadamkannya.

Pada saat proses pemadaman api, ada bangunan yang terpaksa dijebol yakni plafon lantai 1 untuk mengetahui dimana titik apinya sehingga api benar-benar bisa dipadamkan total dan tidak ada kebakaran lagi sebab beberapa pasien sudah merasa trauma ada kebakaran hingga 2 kali dalam hari yang sama.

Dalam kejadian ini, sebanyak 56 pasien telah dipindahkan, pemadaman api berjalan dengan baik, tidak mengganggu pelayanan pasien, segala kegiatan tetap akan berjalan normal. Pada saat terjadi kebakaran, petugas dibantu keluarga pasien yang langsung melakukan pemindahan pasien dan sterilisasi ruangan Kasuari yang memang berdekatan dengan area kebakaran.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hal ini disampaikan oleh Beritasatu TV Semarang Rachman Pratama yang berada di lokasi. ”Gedung Kasuari sendiri adalah ruang untuk perawatan pasien penyakit organ dalam dan kanker, lokasi RSUP Dokter Kariadi Semarang sendiri mudah dijangkau sehingga proses pemadaman api dan evakuasi pasien berjalan lancar” kata Rahman.