Jokowi Resmikan Bandara IKN Nusantara, Beroperasi Mulai Desember 2024

Presiden Jokowi secara resmi memulai pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan memainkan peran kunci dalam pemindahan ibu kota Indonesia.

Jokowi Resmikan Bandara IKN Nusantara, Beroperasi Mulai Desember 2024
Jokowi Resmikan Bandara IKN Nusantara, Beroperasi Mulai Desember 2024. Gambar : Instagram/@nyoman_nuarta

BaperaNews - Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan melakukan peletakan batu pertama pada Rabu (1/11). 

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan pentingnya kehadiran Bandara IKN mengingat semakin meningkatnya kegiatan di kawasan IKN dan mobilitas orang serta barang. Bandara ini berlokasi sekitar 15 kilometer dari pusat ibu kota baru dan dibangun di atas lahan seluas 347 hektare. Bandara ini dirancang untuk mengakomodasi pesawat berbadan besar, termasuk Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

"Bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintah di IKN dan mendukung konektivitas di ibu kota nusantara," kata Jokowi.

Menurut perencanaan Otorita Ibu Kota Nusantara, Bandara IKN Nusantara ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember tahun depan. Namun, sudah bisa digunakan pada Juni 2024.

Baca Juga : OJK Akan Bangun Kantor di IKN, Pembangunan Dimulai Tahun Depan

Selain pembangunan bandara, pemerintah juga sedang membangun kantor Bank Indonesia, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan), dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang akan membangun pembangkit listrik tenaga matahari berkapasitas 50 megawatt. Investasi total di ibu kota baru tersebut diperkirakan mencapai Rp40 triliun hingga Desember.

Proyek ini merupakan bagian dari upaya pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN yang mencakup pembangunan berbagai fasilitas dan infrastruktur. Pada September lalu, Presiden Jokowi meluncurkan sejumlah proyek sektor swasta di IKN, seperti hotel bintang lima, pusat pelatihan sepak bola nasional, dan rumah sakit swasta.

Namun, pembangunan ini juga menimbulkan kontroversi terutama dalam hal dampak lingkungan. Aktivis lingkungan menyatakan keprihatinan mereka terkait hilangnya kawasan hutan primer dan dampak pada habitat alam. Mereka juga menyoroti kurangnya evaluasi dampak lingkungan (AMDAL) dan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang diperlukan sebelum proyek-proyek ini dimulai.

Data dari Pokja Pesisir menunjukkan bahwa proyek pembangunan jalan tol saja telah menebangi hutan seluas 1.747 hektar di sekitar hutan lindung Sungai Wain, menimbulkan kerusakan ekosistem yang signifikan.

Meski demikian, proyek IKN ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia, menciptakan lapangan kerja baru dan mengakomodir perpindahan pergerakan uang yang sebelumnya hanya di pulau jawa.

@baperanews.com Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan melakukan peletakan batu pertama pada Rabu (1/11). #IKN #ibukotanusantara #iknusantara ♬ Epic News - DM Production

Baca Juga : Bandara Kertajati Resmi Beroperasi Layani Penerbangan Komersil