Wasit VAR Thailand Kembali Bertugas di Indonesia Vs Irak Piala Asia U-23 2024

Ditunjuknya wasit VAR asal Thailand, Sivakorn Pu-udom, menimbulkan kekhawatiran bagi pendukung timnas Indonesia di laga Indonesia vs Irak. Baca selengkapnya di sini!

Wasit VAR Thailand Kembali Bertugas di Indonesia Vs Irak Piala Asia U-23 2024
Wasit VAR Thailand Kembali Bertugas di Indonesia Vs Irak Piala Asia U-23 2024. Gambar : AFP/Karim Jaafar

BaperaNews - Wasit VAR Thailand, Sivakorn Pu-udom, kembali mendapatkan mandat dari AFC untuk mengawal pertandingan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U23 2024.

Sivakorn Pu-udom akan bertugas pada laga Indonesia vs Irak pada laga perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 2024, pada Kamis (2/5) pukul 22.30 WIB. Dia akan menjadi asisten VAR mendampingi wasit VAR utama asal Arab Saudi, Abdullah Dafer Al Shehri.

Penunjukkan Sivakorn Pu-udom ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan suporter Garuda Muda mengingat beberapa keputusan kontroversial yang diambil saat Sivakorn bertugas sebelumnya. Terutama, keputusan tersebut menjadi perbincangan karena berdampak pada hasil pertandingan.

Dalam pertandingan melawan Qatar di fase grup dan saat bertemu Uzbekistan di semifinal, beberapa keputusan VAR yang diambil menjadi bahan perdebatan. Pada kedua laga tersebut, timnas Indonesia harus menerima kekalahan dengan keputusan-keputusan yang kontroversial.

Saat melawan tuan rumah Qatar, Sivakorn Pu-udom merekomendasikan wasit utama untuk melihat ulang insiden yang berujung pada tendangan 12 pas untuk tim lawan.

Baca Juga: Ternyata Wasit VAR Qatar yang Disebut Rugikan Timnas Indonesia Berasal dari Thailand

Begitu pula dengan insiden-insiden lainnya yang diulas kembali oleh VAR, seperti tekel terhadap Witan Sulaeman di ujung kotak penalti yang awalnya diberikan tendangan bebas kepada Indonesia, gol Muhammad Ferarri yang dianulir karena offside, dan insiden kartu merah Rizky Ridho.

Meski keputusan-keputusan tersebut menjadi kontroversial, beberapa pengamat olahraga menilai bahwa secara keseluruhan tidak ada keputusan yang keliru dari wasit. Hal ini telah diutarakan oleh beberapa pihak, seperti eks wasit berlisensi FIFA Jimmy Napitupulu, pengamat olahraga Anton Sanjoyo, dan instruktur dari PSSI, Fakhrizal Kahar.

Menurut Fakhrizal Kahar, intervensi wasit VAR dalam pertandingan tersebut sebenarnya sudah tepat. Hal ini juga dikuatkan oleh pernyataan dari Jimmy Napitupulu yang menyebut bahwa keputusan-keputusan wasit Shen Yinhao, meskipun terlihat tidak adil, sejatinya tepat.

Baca Juga: Justin Hubner Ungkapkan Emosi Usai Wasit Shen Yin Hao Rugikan Timnas U-23, 'Kami Sial karena Orang Ini'