70 Atlet Mengikuti Kejurnas Karate Full Contact So Kyokushin 2024 di Yogyakarta

Kejuaraan Nasional Karate Full Contact So Kyokushin 2024 menjadi wadah bagi atlet karate Indonesia untuk menguji kemampuan fisik dan mental mereka. Baca selengkapnya di sini!

70 Atlet Mengikuti Kejurnas Karate Full Contact So Kyokushin 2024 di Yogyakarta
70 Atlet Mengikuti Kejurnas Karate Full Contact So Kyokushin 2024 di Yogyakarta. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Sebanyak 70 atlet karate dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di aula SMA Bopkri 1 (Bosa) Yogya untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) So Kyokushin 2024. Acara yang diselenggarakan oleh So Kyokushin Karate Indonesia ini merupakan ajang bergengsi bagi para karateka yang menekankan pada kekuatan fisik dan kontak penuh (full contact).

Thomas Suryaputra, Koordinator Sie Acara, mengungkapkan bahwa para peserta yang berasal dari 7 provinsi, termasuk Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Riau, dan Bali, akan bertarung dalam dua nomor utama, yakni kata (peragaan gerak) dan kumite (tarung).

Kejuaraan dibagi ke dalam beberapa kelas, mulai dari junior, pra-remaja, remaja, hingga dewasa.

"Para juara mendapatkan trofi dan hadiah uang tunai," ujar Thomas Suryaputra. Ia juga menambahkan bahwa, meskipun kejuaraan ini merupakan karate full contact, namun untuk kelas junior hingga remaja tetap memakai pelindung. Hanya kelas dewasa yang tanpa pelindung.

Menurut Thomas, tujuan utama dari kejuaraan ini adalah sebagai ajang prestasi bagi para atlet, sekaligus untuk mencari bibit-bibit unggul yang akan mewakili Indonesia di kancah internasional.

"Kejuaraan ini juga sebagai ajang seleksi bagi para atlet untuk tampil pada kejuaraan open pada Juni mendatang," ungkapnya.

Andre Sebastian, Ketua Panitia, menjelaskan bahwa kejuaraan ini merupakan yang pertama digelar pada tahun ini, dan merupakan salah satu dari tiga hingga empat kejuaraan yang diadakan setiap tahun oleh So Kyokushin Karate Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Sabet 2 Emas dari Kejuaraan Karate – Do Asia di Kazakhstan

"Maksud dan tujuannya untuk mencari bibit atlet yang nantinya akan dipertandingkan pada kejuaraan open pada tanggal 9 Juni 2024 mendatang. Di samping itu, kejuaraan ini juga untuk menyaring bibit unggul karate Indonesia berlaga di kancah internasional," tambahnya.

Konteks kejuaraan ini tidak hanya sekadar ajang kompetisi, namun juga sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan atlet dalam aspek fisik dan mental. Melalui latihan fisik dan latihan tanding tanpa pelindung, para atlet dapat mengeluarkan kemampuan maksimal mereka saat bertanding.

Dengan antusiasme yang tinggi, atlet-atlet dari berbagai daerah bersaing ketat untuk meraih gelar juara di kejuaraan ini. Keberhasilan mereka tidak hanya akan menjadi kebanggaan pribadi, tetapi juga bagi daerah asal mereka dan Indonesia secara keseluruhan.

Kejuaraan Nasional Karate Full Contact So Kyokushin 2024 di Yogyakarta menjadi momentum penting bagi perkembangan dan promosi olahraga karate di Indonesia. Dengan semangat persaingan yang sehat dan semangat juang yang tinggi, para atlet menunjukkan dedikasi mereka untuk meraih prestasi yang gemilang.

Baca Juga: Menang di Imola, Sean Galael Kalahkan Valentino Rossi