Bandara Kansai di Jepang Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Bandara Internasional Kansai dinobatkan sebagai bandara dengan penanganan terbaik 2024 oleh Skytrax. Baca selengkapnya di sini!

Bandara Kansai di Jepang Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi
Bandara Kansai di Jepang Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi. Gambar : Kansai International Airport

BaperaNews - Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang, telah mencatatkan pencapaian luar biasa dengan berhasil mencatatkan rekor nol kasus kehilangan bagasi selama 30 tahun berturut-turut sejak dibuka pada September 1994 silam.

Pencapaian gemilang ini telah mendapatkan pengakuan internasional atas pengiriman bagasi yang cepat, andal, dan berhasil mengurangi tingkat stres penumpang terkait barang bawaan mereka.

Dikutip dari Nikkei Asia pada Senin (29/4), Bandara Kansai menjadi salah satu bandara di Jepang yang berhasil menangani sekitar 10 juta barang bagasi per tahun pada 2023.

Kehilangan bagasi biasanya disebabkan oleh kurangnya kehati-hatian staf bandara saat memuatnya di tempat keberangkatan atau saat proses transit di bandara penghubung.

Cara Bandara Kansai menangani bagasi penumpang sangat terperinci. Bandara ini menerapkan sistem pengecekan yang berlapis-lapis. Staf maskapai akan menggunakan troli untuk memindahkan kontainer kargo ke truk bagasi, lalu bergegas ke ruang penyortiran bagasi di gedung terminal.

Baca Juga: Wow! Dubai Bangun Terminal Bandara Terbesar di Dunia, Habiskan Dana 35 Miliar Dolar

Setelah itu, petugas akan menurunkan satu per satu koper dan barang bawaan lainnya dari kontainer dan menaruhnya di konveyor sesuai urutan kelas pada pesawat. Dua hingga tiga petugas akan memeriksa ulang untuk memastikan bahwa tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal.

Proses pengecekan bagasi di Bandara Internasional Kansai umumnya hanya memakan waktu sekitar 12 menit setelah pendaratan. Jika terjadi perbedaan jumlah barang yang dibongkar dengan jumlah yang dihitung pada saat pemuatan, petugas akan segera memeriksa ruang kargo di pesawat, apron parkir di sekitarnya, dan ruang penyortiran.

Atas pencapaiannya dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan bagasi penumpang, Bandara Internasional Kansai dinobatkan sebagai Bandara dengan Penanganan Bagasi Terbaik 2024 oleh Skytrax.

Peringkat kedua dan ketiga dalam kategori ini ditempati oleh Bandara Internasional Changi di Singapura dan Bandara Internasional Bahrain di Bahrain.

Baca Juga: Penumpang Tampar Petugas Bandara Gegara Selipkan Narkoba ke Bagasinya