Indonesia Kembali Terima Vaksin Covid-19 Sebanyak 5,2 Juta Dosis

Indonesia kembali menerima vaksin Covid-19 pada tahap 71 & 72 sebanyak total 5,2 juta dosis, Vaksin tersebut merupakan pembelian langsung dan hibah dari pemerintah China

Indonesia Kembali Terima Vaksin Covid-19 Sebanyak 5,2 Juta Dosis
Gambar : Kominfo

BaperaNews - Pada hari Selasa (21/09/2021), Indonesia kembali kedatangan dua tahap vaksin Covid-19. Pada tahap ke-71 Indonesia menerima vaksin Sinovac sebanyak 5 juta dosis dalam bentuk jadi, dan pada tahap ke-72 Indonesia menerima vaksin Sinopharm sebanyak 200 ribu dosis.

Hingga saat ini, jumlah vaksin Sinovac dalam bentuk jadi yang telah diterima Indonesia yaitu sebesar 58.776.000 dosis.

Diketahui, vaksin Sinopharm yang tiba di Indonesia adalah hibah dari Red Cross of Society China melalui mekanisme bilateral. Maka  jumlah vaksin yang telah diterima Indonesia dalam bentuk bahan baku maupun bentuk jadi yaitu sebanyak  267.550.400 dosis.

Johnny Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia akan terus mendatangkan vaksin agar dapat dengan segera didistribusikan ke berbagai lokasi di seluruh Indonesia. 

Hal tersebut dilakukan guna mengejar target sebesar 70 persen warga Indonesia sudah divaksin pada akhir tahun 2021.

Kemudian Johnny menyampaikan bahwa pemerintah terus bekerja keras agar tidak terjadi kekosongan stok vaksin di Indonesia.

Pemerintah Indonesia mengoptimalkan jalur diplomasi antarnegara dalam upaya menyediakan vaksin.

Johnny menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan pemerintah yakni bersifat bilateral dan multilateral, tak hanya yang bersifat G to G, juga dengan berbagai lembaga.

Kedatangan vaksin ini menjadi salah satu wujud keberhasilan pemerintah Indonesia dalam upaya diplomasi yang telah dilakukan, yang akan terus ditingkatkan serta dioptimalkan. 

Johnny juga mendorong pemerintah daerah yang memiliki capaian vaksinasi rendah untuk dapat dengan segera mempercepat serta memperluas program vaksinasi.

Hingga 20 September pukul 18.00 WIB, Data menyebutkan bahwa baru terdapat 27,45 persen dari sasaran vaksinasi kelompok lansia yang sudah menerima dosis pertama, dan 19,25 persen yang mendapatkan dosis lengkap.

Johnny menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mendorong kelompok lansia agar dapat dengan segera melakukan vaksinasi.

Kemudian, ia pun juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Walaupun saat ini tingkat penularan Covid-19 sudah menurun, program vaksinasi tak boleh dikendorkan, sambil mempercepat upaya membangun kekebalan komunitas.

Johnny mengatakan bahwa pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar segera divaksinasi.

Sebagai informasi, Indonesia baru-baru ini mendapatkan pujian dari dunia internasional karena kecepatan penurunan penularan, juga kecepatan vaksinasi. 

Johnny menyampaikan bahwa pujian tersebut telah menandakan bahwa langkah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia sudah sesuai.

Akan tetapi, ia kembali menegaskan bahwa penanganan pandemi Covid-19 ini harus ditingkatkan lagi serta dioptimalkan melalui dukungan dan peran seluruh pihak.