Indonesia Ditawari Jadi Tuan Rumah Olympic Summer Games 2027

Special Olympic Summer Game meminta Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olympic Summer Games 2027 berdasarkan prestasi Indonesia dalam menggelar event olahraga internasional.

Indonesia Ditawari Jadi Tuan Rumah Olympic Summer Games 2027
Indonesia Ditawari Jadi Tuan Rumah Olympic Summer Games 2027. Gambar : Dok.ist

BaperaNews - Menpora, Dito Ariotedjo mengungkap Indonesia ditawari menjadi tuan rumah Olympic Summer Games 2027. Penawaran tuan rumah Olympic Summer Games 2027 disampaikan ketika ia berada di Jerman.

Saat ini Special Olympic Summer Game 2023 sedang dilaksanakan di Berlin, Jerman. Ajang dua tahunan ini ialah ajang olahraga khusus atlet penyandang disabilitas yang digelar sejak tahun 1977 dan sebelumnya bernama Steamboat Springs.

Tawaran tuan rumah Olympic Summer Games 2027 disampaikan langsung oleh Chief of Sports and Games Special Olympic Summer Game Louis Lauria dan Regional President Asia Pacific Special Olympic Summer Game Dipak Natali. Menpora Dito sendiri berada di Jerman untuk tujuan kunjungan kerja.

Permintaan Special Olympic Summer Game terhadap Indonesia agar mau menjadi tuan rumah ini dilatarbelakangi atas kesuksesan Indonesia dalam menggelar berbagai event olahraga internasional baik itu single maupun multi event yang telah terlaksana belakangan ini seperti Asian Games dan Asian Para Games 2018.

“Pertemuan tadi membahas adanya kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympic Summer Games 2027 mendatang karena kesuksesan Indonesia menggelar single maupun multi event berskala internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu. Mereka meminta kita jadi tuan rumah untuk tahun 2027 nanti” kata Dito. 

Baca Juga : Hasil Pertandingan Indonesia vs Argentina, Indonesia Kalah Telak

“Mereka juga memberi sanjungan pada Indonesia karena berhasil selenggarakan event tersebut dengan lancar. Sejak era Presiden Jokowi, Indonesia mendapat perhatian khusus terkait inklusifitas dan kesetaraan” imbuhnya.

Menurut pihak Special Olympic Summer Game, Indonesia sudah sangat mumpuni untuk menjadi tuan rumah. Namun tawaran itu Dito menyerahkan persetujuannya pada Presiden Jokowi. Di Jerman, selain bertemu pihak penyelenggara Special Olympic Summer Game, Dito juga menyaksikan atlet Indonesia yang ikut berlaga di ajang tersebut yakni Zakaria, atlet cabor atletik nomor 400 level A yang bertanding di Hanns Braun Stadion Olympia Park hari Kamis (22/6) kemarin.

Kehadiran Dito jadi semangat tersendiri untuk Zakaria. Zakaria nampak berlari dari lintasan dengan nomor punggung 1264 dan finish di tempat ketiga dengan catatan waktu 56,77 detik di belakang wakil Jepang Yuki Uemura dan Jese Thibeault dari Kanada. Hasil ini membuat atlet berumur 27 tahun tersebut melaju ke babak semifinal.

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Messi Tak Ikut Argentina Lawan Indonesia