Facebook Rilis Fitur Safety Check Usai Tragedi Kanjuruhan, Ini Cara Gunakannya!

Facebook membuat fitur Safety Check (Pemeriksaan Keselamatan) usai terjadinya tragedi Kanjuruhan, Simak cara menggunakan fitur Safety Check dari Facebook!

Facebook Rilis Fitur Safety Check Usai Tragedi Kanjuruhan, Ini Cara Gunakannya!
Cara menggunakan fitur Safety Check. Gambar : Facebook/Penanggulangan Krisis

BaperaNews - Facebook membuat fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan untuk penggunanya usai terjadi tragedi Kanjuruhan di Malang Jawa Timur pada Sabtu (1/10) lalu.

Melalui fitur Safety Check tersebut, pengguna yang berada di Stadion Kanjuruhan bisa memberi informasi tentang status keselamatannya dan orang-orang di sekitarnya. Fitur Safety Check mulai bisa dipakai pada Minggu (2/10) pukul 11.06 WIB.

Dengan fitur Safety Check, Facebook bisa menyimpulkan kronologi kejadian dan update korban tewas maupun luka.

“Sumber media melaporkan kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan di Jl Trunojoyo dan Jl Sapta Marga hari Sabtu malam 1 Oktober 2022 waktu setempat, sedikitnya 174 orang tewas dan 180 lainnya luka” tulis Facebook pada (2/10).

Cara Menggunakan Fitur Safety Check

Pengguna Facebook yang berada di lokasi kejadian atau sekitarnya ketika terjadi tragedi bisa melaporkan kondisi terbarunya.

Fitur Safety Check juga bisa menjadi alat untuk mengetahui status keselamatan keluarga, teman, atau kerabat Anda yang sebelumnya ikut menyaksikan pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya. Simak cara menggunakan fitur Safety Check!

Baca Juga : Iphone 14 Secara Resmi Terdaftar Di Indonesia, Rilis Sebentar Lagi

Berikut Cara Menggunakan Fitur Safety Check :

  1. Masuk ke https://facebook.com/crisisresponse/895386395199786 .
  2. Di sisi kanan laman, terdapat pilihan “Friends in Area” yang di dalamnya terdapat daftar teman Facebook Anda yang berada di lokasi kejadian saat tragedi terjadi.
  3. Klik “All” untuk menampilkan semua teman Anda yang tercatat berada di lokasi kejadian, Anda juga bisa mengetik nama akun yang ingin dicari.
  4. Daftar teman yang ada dalam kondisi aman atau selamat akan ditemukan di kolom “Safe” yang disertai dengan tulisan berwarna hijau “Marked himself safe”.
  5. Sebaliknya, jika ada teman Anda yang berada dalam kondisi belum aman atau menjadi korban, maka akan ditandai namanya dengan tulisan hitam “Not marked safe yet”.
  6. Jika nama teman Anda di kolom “Friends in Area” belum memiliki tanda aman, belum tentu juga ia menjadi korban, bisa jadi ia sudah selamat dari kondisi bahaya namun belum terupdate.

Sebagai informasi, tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya yang dimenangkan Persebaya Surabaya 3-2. Fans Arema FC yang tidak terima akan kekalahan tersebut diduga masuk ke lapangan, terjadi bentrok dengan petugas, membuat petugas terpaksa menggunakan gas air mata.

Namun, gas air mata membuat seluruh penonton ketakutan, mereka pun berebut untuk keluar dari stadion, berdesakan, membuat penonton saling menginjak, sesak nafas, yang akhirnya berakhir dengan ratusan korban tewas dan luka.

Baca Juga : PT KAI Luncurkan Layanan Face Recognition, Proses Boarding Cukup Pindai Wajah