Apple Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Khusus Lagu Klasik

Apple meluncurkan aplikasi streaming musik baru bernama Apple Music Classical. Aplikasi tersebut nantinya hanya akan menyajikan lagu-lagu klasik saja.

Apple Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Khusus Lagu Klasik
Apple Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Khusus Lagu Klasik. Gambar : Twitter.com/@appleclassical

BaperaNews - Apple luncurkan aplikasi streaming musik baru bernama Apple Music Classical. Sesuai namanya, layanan musik ini fokus menyajikan lagu klasik. Layanan ini lahir dari Promephonic, sebuah layanan musik klasik dari Amsterdam, Belanda yang telah diakuisisi Apple pada tahun 2021.

Aplikasi Apple Music Classical kini sudah bisa dipesan secara pre order di App Store. Aplikasi dikabarkan masih dalam tahap finalisasi, akan sepenuhnya dirilis kepada publik pada 28 Maret 2023. Keterangan di App Store menyebut aplikasi hanya bisa dipakai oleh pengguna iOS versi 15.4 atau yang lebih baru.

Nantinya, aplikasi Apple Music Classical bisa dinikmati secara gratis alias tanpa biaya langganan khusus bagi pelanggan Apple Music. Pengguna bebas menikmati lebih dari 5 juta lagu klasik, termasuk lagu klasik terbaru yang baru dirilis dalam bentuk audio kualitas tinggi, juga ratusan daftar putar lagu klasik yang dikreasi.

Musik klasik sendiri ialah jenis musik yang berakar dari kesenian tradisional barat, musik orkestra, dan musik kristiani. Lagu klasik muncul sekitar abad ke-9 hingga abad 21.

Apple Music Classic diklaim menampilkan muka yang sederhana, cocok dengan karya klasik, pengguna bisa mencari lagu klasik yang ia suka berdasarkan composer, pencipta, nomor katalog, atau konduktornya.

Baca Juga : Bocoran iPhone 15 Telah Beredar, Ini Perkiraan Harga, Fitur, dan Tanggal Rilisnya!

Musik klasik biasanya dialirkan dalam audio kualitas tinggi 192 kHz 24-bit Hi Res Lossless, ribuan rekaman lagu klasik juga disediakan Apple dalam bentuk audio spesial, memungkinkan pengguna menyelami rekamannya untuk membaca catatan editorial tentang deskripsi dan komposer lagu tersebut.

Jika memilih lagu klasik milik komposer terkenal, akan muncul wajah komposernya dengan gambar resolusi tinggi, memudahkan pengguna mengenal siapa penyanyi atau karyanya. Gambar tersebut menampilkan bintang musik klasik seperti Sebastian Bach, Frederic Chopin, Johann, hingga Ludwig van Beethoven.

Aplikasi Apple Music Classical kedepannya akan terus diperbarui, Apple menyebut akan bekerjasama dengan para artis musik klasik dan lembaga musik klasik untuk memberi konten dan rekaman yang eksklusif kepada pengguna Apple.

Maka pengguna Apple yang menginstal Apple Music Classical ini akan bisa menikmati lagu klasik yang disuka dalam versi resmi dan terus terhubung dengan lagu-lagu klasik terbaru juga konten-konten eksklusif musik klasik lainnya.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp iOS: Bisa Buka Aplikasi Lain Saat Video Call