Agar Tak Telepon Satu-Satu, WhatsApp Buat Fitur Yang Manjakan Pengguna Lewat Tautan Link

WhatsApp umumkan fitur panggilan suara dan panggilan video bersama-sama lewat link, simak cara buat link panggilan di WA!

Agar Tak Telepon Satu-Satu, WhatsApp Buat Fitur Yang Manjakan Pengguna Lewat Tautan Link
WhatsApp buat fitur telepon dan panggilan video bersama-sama. Gambar : Pixabay.com/Dok. HeikoAL

BaperaNews - Pengguna pesan instan WhatsApp kini semakin mudah melakukan panggilan telepon video atau video call maupun telepon suara bersama-sama. Jika Psebelumnya panggilan harus dilakukan dengan menelepon kontak satu persatu, kini ada cara lebih mudah yakni dengan membagi link ketika ingin mengajak pengguna lain mengobrol.

Cara ini dinilai lebih praktis dan cepat dibanding harus menghubungi kontak satu persatu, terlebih jika ada banyak pengguna yang akan diajak bertelepon. Lantas bagaimana caranya?

Cara Membuat Link untuk Panggilan WhatsApp

Pengguna harus membuat link untuk panggilan terlebih dulu baik panggilan suara ataupun panggilan video. Simak yuk cara buat link panggilan di WhatsApp.

Baca Juga : Fitur Baru Whatsapp, Bisa Edit Chat Setelah Dikirim

Berikut Cara Buat Link Panggilan di WhatsApp: 

  • Buka WhatsApp
  • Pilih menu “Panggilan”.
  • Klik “Buat Tautan Panggilan”.
  • Pilih “Jenis Panggilan” untuk menentukan panggilan apa yang ingin dilakukan, yakni panggilan suara atau panggilan video.
  • Selanjutnya, usai mendapatkan link, bagikan kepada grup atau kontak yang ingin diundang untuk melakukan panggilan secara bersama-sama.
  • Dengan cara ini, kontak yang diberi link bisa bergabung dengan panggilan bersama hanya dengan mengklik tautan atau link yang dibagikan, ia akan otomatis terhubung dengan panggilan tanpa harus dihubungi satu persatu oleh pembuat panggilan.

Tentang Link Panggilan Suara dan Video WA

Mark Zuckerberg mengumumkan fitur baru ini pada 26 September 2022, WhatsApp (WA) sedang melakukan uji coba panggilan video terenkripsi 32 orang. Pada April lalu WA mengumumkan akan ada lebih banyak orang terhubung untuk panggilan WA, namun nampaknya fitur hanya diluncurkan secara terbatas.

Link obrolan yang dibuat ada batasnya selama 90 hari, setelahnya tidak aktif. Dan jika link dikirim kepada seseorang yang tidak memiliki WhatsApp, nantinya orang tersebut akan diarahkan untuk mendownload WA.

WhatsApp juga memastikan link panggilan ini aman, jika membuat link baru, link yang muncul akan berbeda. Link juga dilengkapi dengan 22 pengidentifikasi karakter sehingga tidak bisa ditebak, link tersedia untuk pengguna Android dan IOS.

Sehubungan dengan masalah privasi, kontak yang diblokir pembuat panggilan dipastikan tidak akan bisa tergabung dengan link panggilan yang dibuat, link juga hanya bisa dipakai untuk seluler, tidak bisa untuk windows.

Diharapkan fitur ini bisa bermanfaat untuk pengguna WhatsApp secara luas terutama bagi mereka yang ingin terhubung lebih mudah dalam urusan bisnis atau pekerjaannya.

Baca Juga : Begini Cara Intip Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Diketahui!