WhatsApp Hadirkan Fitur Hapus Nomor Tak Dikenal

WhatsApp memperkuat privasi dengan fitur "Silence Unknown Callers" dan "Privacy Checkup." Pengguna dapat memilih siapa yang dapat menghubungi mereka dan mengunci pesan pribadi.

WhatsApp Hadirkan Fitur Hapus Nomor Tak Dikenal
WhatsApp Hadirkan Fitur Hapus Nomor Tak Dikenal. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - WhatsApp umumkan fitur baru WhatsApp untuk menghapus nomor tidak dikenal yang disebut “Silence Unknown Callers” untuk melindungi pengguna dari gangguan orang yang tidak dikenal.

Dengan fitur baru WhatsApp ini, pengguna tidak akan mendapat notifikasi dan tidak tahu ada panggilan dari nomor asing, sebab WhatsApp akan otomatis mengaktifkan mode silent atau diam.

Pengguna bisa melihat panggilan tersebut di daftar riwayat panggilan atau call list untuk berjaga-jaga, siapa tahu nomor tersebut ialah nomor seseorang yang sebenarnya belum disimpan kontaknya di ponsel.

Fitur terbaru lain yang dirilis WhatsApp ialah “Privacy Checkup” dimana pengguna bisa lebih leluasa mengatur privasi ketika berinteraksi dengan aplikasi tersebut.

“Fitur baru WhatsApp ini akan memperkuat keamanan di panggilan, pesan, dan informasi personal yang lain” bunyi keterangan resmi WhatsApp pada hari Selasa (20/6).

Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih siapa saja yang bisa mengontaknya di WhatsApp, bisa mengatur informasi personal yang ingin dimunculkan di WhatsApp, dan termasuk kemampuan “Chat Lock” atau mengunci pesan yang telah diperkenalkan bulan lalu dengan cara memasukkan ke daftar orang yang pesannya bersifat privat, tidak bisa diintip oleh orang lain sebab chat lock punya tab terpisah dari tab utama. 

Baca Juga : Fitur Terbaru WhatsApp: Pengguna Dapat Terima Foto Kualitas Tinggi

Fitur Chat Lock sendiri bisa diaktifkan dengan nomor sandi atau dengan sidik jari sesuai dengan kemampuan dan fitur di ponsel. Fitur ini bisa menjamin seseorang tak bisa melihat isi pesan dari kontak yang dipilih bahkan tidak akan muncul notifikasi ketika datang pesan dari kontak tersebut.

“Jika Anda ingin tanyakan kabar teman, kirim pesan yang privat kepadanya” pungkas WhatsApp.

Belum diungkap apa fitur baru Silence Unknown Callers dan Privacy Checkup ini telah dirilis di semua pengguna atau hanya masa uji coba di versi beta. Pengguna bisa memeriksa fitur Whatsapp hapus nomor tersebut di ponselnya masing-masing dengan mengupdate WhatsApp ke versi terbaru lebih dahulu untuk melihat sudah mendapat fitur tersebut atau belum.

WhatsApp pada awalnya dibuat hanya dengan tujuan pesan instant, pada perkembangannya WhatsApp memperluas fiturnya untuk kepentingan bisnis, grup, hingga komunitas.

Kini WhatsApp terus kembangkan fiturnya untuk memberi privasi dan keamanan lebih baik untuk penggunanya. Agar penggunanya bisa berkirim pesan maupun melakukan panggilan video dan mengirim pesan suara dengan lebih aman.

Baca Juga : Simple! Begini Cara Gunakan Fitur Chat Lock WhatsApp