Erick Thohir Larang Karyawan BUMN Halal Bihalal Setelah Lebaran

Kementerian BUMN memastikan tidak akan ada acara silaturahmi serentak atau halal bihalal di lingkupnya.

Erick Thohir Larang Karyawan BUMN Halal Bihalal Setelah Lebaran
Erick Thohir Larang Karyawan BUMN Halal Bihalal Setelah Lebaran. Gambar : Instagram/@erickthohir

BaperaNews - Kementerian BUMN memastikan tidak akan ada acara silaturahmi serentak atau halal bihalal di lingkupnya, Menteri BUMN Erick Thohir meminta semua insan BUMN untuk tidak melakukan halal bihalal.

“Segera fokus jalankan rekrutmen BUMN saja, patuhi larangan halal bihalal dan buat pasar murah bersama” tutur Erick hari Senin (24/4).

Erick Thohir juga berpesan bagi pemudik yang balik ke Jakarta ikuti anjuran pemerintah agar terhindar dari kemacetan.

“Hati-hati di jalan, selamat istirahat jika lelah, BUMN membuka rest area di sepanjang jalan tol” imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh MenPANRB ad Interim Mahfud MD, ia merilis perihal larangan Halal bihalal selepas Lebaran 2023 di Instagram resminya.

“Semua kantor pemerintah yakni BUMN / non Kementerian / TNI Polri dan semacamnya supaya menunda sampai awal minggu kedua setelah Lebaran 2023. Di minggu pertama tanggal 24 April - 1 Mei supaya tidak mengadakan acara halal bihalal dan sejenisnya baik itu reuni, syawalan, dll. Surat resmi dikirim ke kantor masing-masing dengan segera” tulis Mahfud hari Senin (24/4). 

Baca Juga : Pesan Jokowi Untuk Pemudik: Kembali Ke Jakarta Setelah 26 April

Himbauan Mahfud tertuang pada surat edaran resmi Surat Menteri PANRB Nomor 480/M.KT.01/2023 tertanggal 24 April 2023 ditandatangani oleh Mahfud. “Larangan halal bihalal Ini demi meningkatkan kelancaran mobilitas masyarakat usai libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri 1444 H” terangnya.

Maka lembaga pemerintah baik itu BUMN, TNI Polri, atau non Kementrian dilarang melaksanakan acara halal bihalal sampai 1 Mei, halal bihalal baru boleh dilaksanakan di kantor atau di tempat tertentu mulai 2 Mei 2023. Hal ini dimaksudkan untuk memperlancar arus balik masyarakat, agar tidak terjadi kepadatan di tanggal dan tempat tertentu.

Sebelumnya di bulan Ramadhan tahun ini Presiden Jokowi juga menghimbau agar insan pemerintah tidak menjalankan buka bersama atau kumpul bersama selama bulan Ramadhan 2023, agar Ramadhan bisa dinikmati lebih privat bersama keluarga dan mengurangi kerumunan.

Bulan Ramadhan 2023 ini telah selesai, masa mudik juga telah usai dan berlangsung lancar. Kini pemerintah masih fokus untuk menjamin kelancaran mobilitas masyarakat di masa arus balik lebaran 2023 yang diperkirakan akan terjadi sampai 1 Mei 2023 mendatang. Sebab itu diminta untuk fokus pada hal tersebut, tak perlu laksanakan halal bihalal atau sejenisnya terlebih dahulu.

Baca Juga : Erick Thohir Copot Jabatan Dedi Sunardi dari Direktur Penunjang Bisnis Pertamina