Pesan Jokowi Untuk Pemudik: Kembali Ke Jakarta Setelah 26 April

Presiden Jokowi meminta kepada pemudik yang tidak mempunyai kondisi mendesak dihimbau balik kembali ke Jakarta setelah tanggal 26 April 2023.

Pesan Jokowi Untuk Pemudik: Kembali Ke Jakarta Setelah 26 April
Jokowi Beri Pesan Untuk Pemudi. Gambar : REUTERS/Dok. Fengli

BaperaNews - Presiden Jokowi menghimbau agar masyarakat menunda kepulangannya ke ibu kota Jakarta agar bisa mengurangi kemacetan dan kepadatan lalu lintas kendaraan di masa arus balik lebaran 2023 yang sering terjadi di tol Jakarta-Cikampek.

Menurut Jokowi, volume kendaraan di jalan tol beberapa hari belakangan di masa mudik lebaran ini ialah yang tertinggi sepanjang sejarah. Jokowi bersyukur seluruh pihak berwenang dan masyarakat bisa mengelola mudik sebaik mungkin sehingga mudik bisa berjalan lancar.

Dari data Kementerian Perhubungan, 203.000 kendaraan melaju per harinya di arah timur tol Trans Jawa dan dari Bandung melalui tol Jakarta-Cikampek. Padahal sebelumnya kendaraan yang melaju per harinya hanya 53.000.

“Untuk mencegah penumpukan kendaraan di tanggal 24 dan 25 April secara bersamaan pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada kepentingan mendesak untuk menghindari arus balik lebaran 2023 di tanggal tersebut, tunda jadwal kembali dari mudik setelah 26 April” tutur Jokowi.

Jokowi juga menyebut pesan untuk pemudik ini berlaku untuk ASN, BUMN, pegawai swasta, dan TNI Polri.

Baca Juga : Jadwal One Way dan Ganjil Genap Arus Balik Mudik Lebaran

“Teknisnya bisa diatur oleh perusahaan masing-masing ya, misalnya memberi cuti tambahan atau lainnya. Bapak ibu tetap hati-hati, patuhi semua aturan dan ikuti semua arahan petugas berwenang yang ada di lapangan” pungkas Jokowi.

Diketahui libur dan cuti lebaran 2023 ditetapkan pada tanggal 19-25 April 2023, artinya di tanggal 24-25 April 2023 akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan karena banyaknya masyarakat yang kembali ke kota tempatnya bekerja.

Jadwal liburan tersebut juga berlaku untuk anak sekolah. Maka bagi masyarakat yang tidak ada kepentingan mendesak diminta untuk menunda balik mudiknya ke ibu kota, pesan Jokowi untuk pemudik yang berulangkali ditekankan.

Misalnya bagi pegawai yang masih bisa mendapat cuti tambahan, bagi pengusaha yang bisa mengatur jadwal usahanya sendiri, hingga bagi mahasiswa yang tidak ada kuliah mendesak bisa menunda agar balik ke ibu kota setelah 26 April 2023, dengan demikian kepadatan kendaraan bisa berkurang dan tidak terjadi kemacetan parah.

Pastikan pula Anda telah mengetahui jadwal rekayasa lalu lintas seperti one way, contra flow, maupun ganjil genap agar mudik lebaran berjalan lancar dan bisa menentukan jam keberangkatan sesuai jadwal rekayasa lalu lintas tersebut.

Selamat beraktifitas untuk Anda yang telah kembali bekerja, bagi Anda yang masih bisa menambah hari libur lebaran tak ada salahnya melaksanakan pesan Jokowi untuk pemudik untuk menunda balik ke ibu kota demi mencegah kemacetan ya!

Baca Juga : Daftar Titik Rawan Kemacetan Arus Balik Lebaran 2023