Eks Napiter Penculik 12 Anak Ternyata Pembakar Rumah Almarhum Uje

Polisi baru-baru ini menangkap Abi Rizal Alif (28) tersangka kasus penculikan anak asal Bogor dan Jaksel, belakangan diketahui bahwa tersangka ternyata mantan narapidana kasus terorisme!

Eks Napiter Penculik 12 Anak Ternyata Pembakar Rumah Almarhum Uje
Eks Napiter Penculik 12 Anak Ternyata Pembakar Rumah Almarhum Uje. Gambar: Detik.com

BaperaNews - Polisi baru-baru ini menangkap Abi Rizal Alif (28) tersangka kasus penculikan anak asal Bogor dan Jaksel, belakangan diketahui bahwa tersangka ternyata ialah mantan narapidana kasus terorisme. Rizal ditangkap di Senayan, Jaksel hari Kamis 12 Mei 2022, ia adalah pelaku penculikan tiga bocah, F (11) asal Bogor dan K (12) asal Jaksel.

Dalam penangkapan tersebut, polisi juga menyelamatkan 10 anak lainnya yang jadi korban penculikan Rizal, ke 10 anak tersebut berasal dari Jakbar, Jakpus, dan Jaksel. Dari hasil pemeriksaan awal, Rizal mengaku sudah 12 kali menculik anak, selain di sejumlah wilayah Bogor dan Jakarta, ia juga mengaku pernah menculik anak di Tangsel.

Dari hasil pemeriksaan juga, terungkap bahwa Rizal pernah jadi narapidana kasus terorisme dan baru keluar dari penjara Gunung Sindur pada Februari 2022 lalu. “Terhadap yang bersangkutan, kami masih terus lakukan pendalaman, karena berdasarkan pengakuannya, ia sudah tiga kali menjalani hukuman pidana, dua diantaranya karena kasus terorisme” ujar Kapolres Bogor, AKBP Imam Imanuddin dalam keterangan persnya Kamis 12 Mei 2022.

Baca Juga: Tombak Polisi Jambi, Pelaku Begal Tewas Dengan Tiga Tembakan Di Dada

Selain dua kasus terorisme, Rizal juga pernah terlibat kasus penipuan di Jabar, Depok. Iman menyebut Rizal mengaku pernah melakukan pelatihan perang di Poso. “Yang bersangkutan juga pernah ikut latihan perang di Poso itu selama 7 bulan, kami lakukan kerjasama dengan Densus88 untuk melakukan pendalaman dan pengembangan pada kasus ini” lanjutnya.

Rizal tercatat sebagai warga Bojongsari Depok, ketua RT setempat, Muhammad Ahyarudin membenarkan Rizal ialah warganya, menurutnya Rizal tinggal di Bojongsari karena mengikuti kakaknya, namun ia sudah tidak melihatnya selama 5 tahun lebih.

“Dulu dari masih kecil dia disini, sebelum saya menjabat juga sudah disini, ikut kakaknya, sejak kejadian Uje, dia ngambil hp juga, ngambil gas, sudah dia hilang begitu saja” paparnya.

Usut punya usut, Rizal ternyata orang yang bermasalah sejak dulu, ia pernah merampok dan membakar rumah almarhum Ustad Jefri Al Buchori alias Uje pada tahun 2014. Setelah kejadian tersebut, ia tinggal bersama pamannya di Depok dan juga sering berulah. “Beberapa tahun sudah bebas, terus kejadian lagi di kampung sebelah, dia nyuri hp di kontrakan, nyolong gas juga, saya pikir setelah masuk penjara tidak berulah lagi ternyata masih berulah” tutup Ahyarudin.

Baca Juga: Muncul Ancaman Wabah PMK, ID Food Lakukan Strategi Antisipasif