BI Siapkan Rp 197,7 Triliun Uang Tunai buat Kebutuhan Idul Fitri 2024

Bank Indonesia (BI) bersiap menyediakan uang tunai senilai Rp 197,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri 2024. Simak Berita Selengkapnya!

BI Siapkan Rp 197,7 Triliun Uang Tunai buat Kebutuhan Idul Fitri 2024
BI Siapkan Rp 197,7 Triliun Uang Tunai buat Kebutuhan Idul Fitri 2024. Gambar : Dok.mnctrijaya

BaperaNews - Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang tunai layak edar senilai Rp 197,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri tahun ini. Hal ini diumumkan oleh Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim.

Marlison Hakim menjelaskan bahwa kegiatan bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 dilaksanakan secara terprogram dan serentak di seluruh Indonesia. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang mulai dari tanggal 15 Maret hingga 5 April 2024.

"Kegiatan ini sebagai respon Bank Indonesia dalam rangka memenuhi kebutuhan uang tunai secara periode, siklus tahunan di masyarakat. Tujuannya paling utama adalah bagaimana BI dan mitra memberikan dukungan pada hari besar keagamaan nasional," ungkap Marlison Hakim dalam acara Kick Off Serambi 2024, Jakarta, Jumat (15/3).

Baca Juga : Menaker: THR Dibayar Paling Lambat H-7 Lebaran

Tahun ini, BI telah menyiapkan uang sebesar Rp 197,7 triliun, meningkat sebesar 4,65% dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya yang mencapai Rp 188,8 triliun. 

Rinciannya, kebutuhan uang pecahan besar (UPB) sebesar Rp 172,8 triliun dan uang pecahan kecil (UPK) sebesar Rp 24,6 triliun.

"Penyediaan uang ini meningkat 4,6% dibandingkan tahun lalu. Outflow periode paling tinggi terjadi di Jawa sebesar Rp 119,9 triliun," tambahnya.

Selain BI, program ini juga diikuti oleh seluruh perbankan yang berada di pusat maupun di seluruh wilayah Indonesia. Penukaran uang akan tersedia di 4.264 titik yang tersebar di kantor bank seluruh Indonesia.

Penyediaan uang tunai ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan dana bagi masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri 2024. 

Program ini menjadi bagian dari upaya Bank Indonesia dan perbankan dalam mendukung masyarakat dalam merayakan hari besar keagamaan secara layak dan nyaman.

Baca Juga : Pemerintah Bakal Beri Diskon Tarif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2024