Bapera Paluta silaturahmi Ke Kantor Kemenag

DPD Bapera Paluta silaturahmi ke Kantor Kemenag Padang Lawas Utara (Paluta), pada Kamis 04/08/2022.

Bapera Paluta silaturahmi Ke Kantor Kemenag
DPD Bapera Paluta silaturahmi ke Kantor Kemenag Padang Lawas Utara (Paluta), pada Kamis 04/08/2022. Gambar : Istimewa
Bapera Paluta silaturahmi Ke Kantor Kemenag

Paluta, BaperaNews - Dewan Pimpinan Daerah Barisan Pemuda Nusantara Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) silaturahmi ke Kantor Kemenag Padang Lawas Utara (Paluta), pada Kamis 04/08/2022.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Bapera Paluta, Asrul Ansori Siregar, S.Kom di dampingi oleh pengurus tinggi Bapera Paluta, Sandro Voltak Harahap dan Ahmad Husein Dalimunthe. 

Saat datang untuk bersilaturahmi, rombongan Bapera Paluta disambut dengan baik dan ramah oleh Kakan Kemenag Paluta, Drs. H. Safiruddin Harahap, M.PD (Gelar Sutan Guru Harahap) serta didampingi oleh Kasi Penmad Baikuni Harahap, M.PD.I dan bendahara Saiful Kamal Pohan. 

Dalam suasana keakraban tersebut, Kakan Kemenag Paluta menyambut baik sinergitas antara Ormas Bapera Paluta dengan Kemenag Paluta. 

Kakan Kemenag Paluta juga menyampaikan pesan yakni, “Kepada Ketua Bapera Paluta dan kader-kadernya agar rajin untuk menyambung tali silaturahmi kepada Pemkab dan juga berbagai elemen masyarakat. Karena itu akan memperkuat harmonisasi, persatuan dan kesatuan diantara kita umat yang berbeda agama, berbeda ras, budaya dan juga adat istiadat”.

Dilansir dari BaperaNews.com, Kakan Kemenag mengajak Bapera Paluta untuk giatkan dialog kerukunan, diantaranya adalah: 

  1. Menerima perbedaan
  2. Mengedepankan persamaan
  3. Saling rasa percaya
  4. Saling menghormati dan memahami
  5. Saling bekerja sama dan juga sama-sama bekerja.

Baca Juga : Sambut HUT RI Ke 77, Ketua DPK Bapera Haltim Bagikan Bendera Gratis

Menurutnya, merajut kebersamaan dalam perbedaan sangat penting agar terciptanya suasana yang indah, damai dan kondusif. Ia yakin bahwa Organisasi Bapera Paluta ini azasnya pluralisme, bentuk wujud nyata dari setiap perbedaan itu menjadi satu dalam bingkai Pancasila. 

Lebih lanjut, Kakan Kemenag Padang Lawas Utara Drs.H.Sarifuddin Harahap,M.Pd. menyampaikan “Dengan peran Bapera Paluta ditengah-tengah masyarakat yang umurnya baru akan menginjak dua tahun pada bulan Desember 2022 nanti, saya amati kontribusi sosialnya begitu tinggi di setiap Kecamatan yang ada di Padang Lawas Utara ini, saya yakin dan percaya, bersama Bapera Paluta visi-misi dari Kabupaten Padang Lawas Utara yang beriman, cerdas, maju, dan beradat benar-benar akan bisa tercapai harapannya.”

Sementara itu, Ketua Bapera Paluta Ansori Siregar,S.Kom, menyampaikan bahwa “Dalam membangun kerukunan umat beragama, antar organisasi, antar tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat harus memerlukan 4M yaitu, mengenal, memahami, menjaga dan menolong,” jelasnya.

Lebih lanjut, Asrul juga menyebutkan bahwa adanya berbagai suku, ras, agama di Kabupaten Padang Lawas Utara menjadi sebuah ciri khas dengan segala keanekaragamannya. 

“Kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan, beda organisasi dan kelompok itu boleh, tetapi kita tetap satu kesatuan yang utuh sebagai anak bangsa yang berkomitmen menjaga kebhinekaan dan ideologi Pancasila. Yang beda jangan disama-samakan, yang sama jangan dibeda-bedakan.Bapera Maju – Nusantara Bersatu,” pungkasnya..

(Haryan)