Kereta Api Tabrak Mobil Travel Di Sumut, 5 Penumpang Tewas

Kecelakaan maut terjadi antara kereta api dengan mobil travel di Sumatera Utara (Sumut) hingga mengakibatkan 5 penumpang tewas dalam insiden tersebut.

Kereta Api Tabrak Mobil Travel Di Sumut, 5 Penumpang Tewas
Kecelakaan mau Kereta Api dengan Mobil Travel di Sumut. Gambar : ANTARA FOTO/Dok. ASPRILLA DWI ADHA

BaperaNews - Kecelakaan maut terjadi antara kereta api dengan mobil travel di Sumatera Utara (Sumut) tepatnya di Jl. Desa Pantai Kelang, Desa Sei Buluh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Kecelakaan terjadi di sebuah rel kereta api yang berada di Dusun tersebut.

Kejadian berawal ketika mobil travel Toyota Hiace Nopol BK 7705 yang dikemudikan Syafiruddin melaju dari arah Pantai Kelang ke arah Jalan Provinsi di Desa Sei Buluh hari Kamis 23 Juni 2022. Ketika di rel kereta api, sopir diduga kurang hati-hati dan tidak memperhatikan ada kereta api tanki nomor 2018337 yang datang dari Tebing Tinggi ke arah Medan.

Tabrakan maut pun tak terhindarkan. Sisi kiri mobil travel ditabrak kereta api tanki yang lewat di rel. sopir dan empat orang penumpang yang berada di dalam mobil travel tersebut tewas di tempat, sementara empat penumpang lainnya luka berat.

“Barang bukti mobil Toyota Hiace tersebut mengalami kerusakan dan sudah diamankan di Pos Lantas Sei Sijenggi Polres Sergai, sedangkan kereta api tanki yang dimaksud berjalan ke arah Medan” ujar Kanit Lantas Polres Sergai, Ipda Ramadhan hari Jumat 24 Juni 2022.

Identitas penumpang yang tewas ialah Syafiruddin (49), Djui (69), Susy Erlina (64), Minarni (68), dan Gek Sam (69).

Baca Juga : Pesawat Susi Air Jatuh, Basarnas Pastikan Penumpang Selamat

Sedangkan empat penumpang lain yang luka berat antara lain Noni (58), Lidia (65), Nuraini (51), dan Selvia (65). Selain itu, ada juga empat penumpang lain yang mengalami luka ringan yakni Meli (54), Mimi (54), Dewi (54), Handyati (60), dan Gravenzo (9).

“Kasus masih dalam penyelidikan,semua korban ialah penumpang Toyota Hiace, untuk korban sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat” terangnya.

Sebagai informasi, melintas di rel kereta api memang harus hati-hati, patuhi rambu yang ada, jika rel tidak terdapat palang pintu, wajib lebih waspada, mengingat mobil seringkali mogok mendadak di tengah rel kereta sebab rel mengandung gaya elektrostatis yang bisa mengganggu kerja komponen mesin mobil.

Jika mesin mobil padam dan macet di perlintasan rel, sebaiknya terus bunyikan klakson dan on/off starter mobil, cara ini bisa memutus medan magnet dan rangkaian listrik yang ada di sekitar rel. Namun jika kesulitan, jauh lebih baik untuk turun dari mobil.

Yang terbaik adalah hati-hati, jaga jarak dan perhatikan kanan kiri sebelum melintas di rel kereta api.