TNI AL Buka Rekrutmen Tamtama & Bintara, Terbuka untuk Lulusan SMP-SMA/SMK

TNI AL membuka rekrutmen untuk posisi Tamtama Prajurit Karier (PK) Gelombang 1 tahun 2024. Rekrutmen tersebut terbuka untuk lulusan SMP dan SMA/SMK.

TNI AL Buka Rekrutmen Tamtama & Bintara, Terbuka untuk Lulusan SMP-SMA/SMK
TNI AL Buka Rekrutmen Tamtama & Bintara, Terbuka untuk Lulusan SMP-SMA/SMK. Gambar : Dok. Dispena

BaperaNews - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membuka rekrutmen untuk posisi Tamtama Prajurit Karier (PK) Gelombang 1 tahun 2024. Seleksi ini menawarkan peluang bagi lulusan SMP hingga SMA/SMK untuk bergabung dalam angkatan laut sebagai prajurit karier.

Proses pendaftaran dan seleksi akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu registrasi online dan validasi fisik di lokasi yang telah ditentukan oleh TNI AL.

Berbeda dengan seleksi Taruna AAL dan Bintara PK, rekrutmen Tamtama PK TNI AL memberikan kesempatan bagi mereka yang telah lulus SMP dengan usia minimal 17 tahun. Batas waktu pendaftaran lowongan kerja TNI AL akan dibuka hingga bulan Januari 2024.

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rekrutmen Bintara PK

Untuk menjadi Tamtama TNI AL Gelombang 1 tahun 2024, calon pelamar harus memenuhi sejumlah persyaratan umum, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
  4. Pada saat dilantik menjadi prajurit, berumur paling rendah 18 tahun.
  5. Sehat jasmani dan rohani, termasuk tidak pernah terlibat dalam penggunaan narkoba.
  6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  7. Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat).
  8. Lulus seleksi yang dilaksanakan oleh tim Panda serta Panpus yang ditunjuk Kasal.

Persyaratan lain mencakup tinggi badan minimal 163 cm, berat badan seimbang, berusia maksimal 22 tahun, dan bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Kelasi Dua/Prajurit Dua. Calon pelamar juga harus bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama.

Baca Juga : Lowongan Kerja Admin Terbaru: Peluang Karier Menarik di Dunia Administrasi!

Cara Pendaftaran Rekrutmen Bintara PK

  1. Calon pelamar mendaftar secara online melalui internet dengan mengakses alamat website http://al.rekrutmen-tni.mil.id dan mengisi formulir pendaftaran secara benar dan lengkap.
  2. Validasi atau daftar ulang dilakukan secara fisik ke tempat pendaftaran terdekat dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran, foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 2 lembar, dokumen asli beserta fotokopi yang sudah dilegalisir, seperti Akta Kelahiran, KTP calon beserta KTP orangtua/wali, Akta Kematian (bagi orang tua yang sudah meninggal), Kartu Keluarga, Ijazah SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA, serta Daftar Nilai Ujian Nasional.

Jadwal Pendaftaran Rekrutmen Bintara PK

  1. Sosialisasi dan publikasi: 20 November s.d. 4 Desember 2023
  2. Pendaftaran online: 5 Desember 2023 s.d. 4 Januari 2024
  3. Validasi: 12 Desember 2023 s.d. 4 Januari 2024
  4. Laporan animo akhir: 4 Januari 2024
  5. Seleksi tingkat daerah: 5 Januari s.d. 15 Februari 2024
  6. Batas akhir sidang Pantukhir: 16 Februari 2024
  7. Rakor penentuan pemanggilan: 20 Februari 2024

Pastikan untuk memeriksa jadwal pendaftaran tingkat pusat yang memiliki jadwal berbeda-beda melalui laman http://al.rekrutmen-tni.mil.id/tapk/halaman/berita/jadwal/al.html.

Bagi yang berminat mendaftar rekrutmen Bintara PK, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan dan mengikuti tahapan seleksi dengan cermat.

Baca Juga : Daftar Lowongan Kerja WFH Terbaru: Temukan Peluang Karirmu di Sini!