Perum Bulog Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA/SMK, Simak Syaratnya!

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK. Simak syarat dan cara daftarnya!

Perum Bulog Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA/SMK, Simak Syaratnya!
Perum Bulog Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA/SMK. Gambar : Instagram/@perum.bulog

BaperaNews - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik, atau yang lebih dikenal sebagai Perum Bulog, membuka lowongan pekerjaan untuk sejumlah posisi, yang mencakup lulusan SMA, SMK, D3, dan S1.

Manager Humas dan Kelembagaan Perum Bulog, Tomi Wijaya, mengkonfirmasi adanya lowongan kerja Perum Bulog tersebut dan memberikan informasi lebih lanjut.

"Iya betul, cek di Instagram @perum.bulog ya infonya," ujar Tomi Wijaya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/11/2023). Pendaftaran lowongan kerja Perum Bulog ini dibuka mulai 23 November hingga 26 November 2023.

Posisi yang Dibutuhkan

Lowongan kerja Bulog terbuka untuk beberapa posisi dengan kualifikasi pendidikan yang berbeda. Beberapa posisi yang tersedia meliputi:

  1. Staf Pelaksana Gudang: untuk lulusan SMA/SMK.
  2. Staf Pelaksana Kancab: untuk lulusan D3.
  3. Staf Pelaksana Kanwil: untuk lulusan S1.

Baca Juga : PT Pertamina Hulu Rokan Buka Lowongan Kerja, Banyak Posisi untuk D3-S1!

Syarat Pelamar

Untuk dapat mendaftar di Perum Bulog, pelamar harus memenuhi beberapa syarat umum, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Pria atau wanita.
  3. Usia per 1 Januari 2024, dengan batas maksimal usia:

SMA/SMK: 30 tahun.

D3: 33 tahun.

S1: 35 tahun.

  1. Sehat jasmani dan rohani.
  2. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Nilai minimal IPK/Ijazah:

SMA/SMK: rata-rata 7,0.

D3: minimal 2,75 dari PTN/PTS akreditasi B.

S1: minimal 2,75 dari PTN/PTS akreditasi B.

  1. Memiliki prestasi di bidang olahraga dan seni akan menjadi nilai tambah.

Kualifikasi Pendidikan

Pelamar diharapkan memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Beberapa kualifikasi pendidikan yang diterima di Perum Bulog meliputi:

  1. Untuk lulusan SMA, bisa dari IPA atau IPS.
  2. Untuk lulusan SMK, dapat berasal dari berbagai jurusan seperti Pemasaran, Niaga, Bisnis, Teknik Mesin, Akuntansi, Keuangan, Administrasi Perkantoran, dan Multimedia.
  3. Lulusan D3 diterima dari jurusan Teknik Informatika, Teknik Sipil, Akuntansi, Keuangan, Perpajakan, Administrasi Niaga/Bisnis, Sekretaris/Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Niaga, Bisnis.
  4. Lulusan S1 harus memiliki gelar di bidang Teknik Sipil, Sistem Informasi, Statistika, Hukum, Akuntansi, Keuangan, Administrasi Publik, Agribisnis, dan Desain Komunikasi Visual.

Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan melalui website resmi Perum Bulog: https://bulog.experd.com/. Namun, perlu diingat bahwa kuota pelamar terbatas, dan hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik yang akan diikutsertakan dalam tahap seleksi.

Pelamar diwajibkan menyertakan beberapa dokumen sebagai syarat pendaftaran, seperti scan ijazah/SKL, scan transkrip nilai, scan KTP, scan kartu keluarga, scan surat pernyataan kesanggupan dari Perum Bulog, dan foto full body dengan background warna merah.

Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Perum Bulog dan Experd Consultant. Perum Bulog tidak pernah bekerja dengan agen perjalanan manapun, dan seluruh proses rekrutmen tidak dipungut biaya.

Baca Juga : PT Reska Multi Usaha Buka 6 Posisi Lowongan Kerja, Lulusan SMA Bisa Daftar!