Tidak Mendapat Royalti, Aya Canina Tuntut Band Amigdala

Mantan vokalis Amigdala, Aya Canina, mengambil langkah hukum untuk mendapatkan hak cipta lagu dan merk nama band Amigdala.

Tidak Mendapat Royalti, Aya Canina Tuntut Band Amigdala
Tidak Mendapat Royalti, Aya Canina Tuntut Band Amigdala. Gambar : Instagram/@ayacanina

BaperaNews - Mantan vokalis Amigdala, Aya Canina tuntut hak atas karyanya lantaran tidak mendapatkan royalti dari mantan band tersebut.

Aya meninggalkan band Amigdala sekitar 3 tahun terakhir dan ia meminta untuk tidak lagi mengusung nama Amigdala namun hingga saat ini para personel lain masih memakai dan mempertahankan nama band Amigdala padahal Aya merasa menjadi cikal bakalnya.

"Saya keluar dari band Amigdala sejak Agustus 2020 kemudian saya dikabari Isa keluar suai setahun saya keluar atas keputusan pribadi. Itu artinya tidak ada yang memegang hak cipta lagu Amigdala dan merk Amigdala sendiri” kata Aya hari Kamis (14/9).

“Tapi kenapa orang-orang di dalam band itu masih memakai nama band Amigdala dan membawaklan lagu-lagu tanpa izin. Menurut saya itu adalah letak kekeliruan dan masalahnya” imbuhnya.

Aya Canina tuntut Amigdala karena merasa memiliki hak atas lagu dan legalitas nama band dari Kementrian Hukum dan Ham.

“Saya mendapat hak cipta dan merk. Selain 2 legalitas itu, saya juga masuk anggota WAMI. Nanti mereka yang urus lagu-lagu saya” tegasnya.

Nanang Hartanto selaku kuasa hukum mantan vokalis Amigdala menambahkan, atas legalitas yang telah dimiliki Aya, ia meminta personel Amigdala lain untuk tidak lagi mengusung nama itu dan mengganti nama band serta tidak membawa lagu ciptaan Aya tanpa izin. 

Baca Juga : Once Ngaku Sakit Hati Usai Dilarang Ahmad Dhani Nyanyikan Lagu Dewa 19

“Maka dari itu saya tegaskan masalah Aya Canina tuntut Amigdala ini agar siapapun yang memakai lagu atau merk Amigdala kami larang keras karena secara hukum mantan vokalis Amigdala adalah klien saya dan ia telah mendapat legalitas hukumnya sehingga untuk penggunaannya apapun itu harus dengan seizin kami” ujar Nanang.

Upaya jumpa pers ialah hal terakhir yang dilakukan dalam kasus Aya Canina tuntut Amigdala. Aya menyebut sebelumnya telah lakukan berbagai cara namun tidak direspon. Jika tetap tidak ada tanggapan, maka Aya membawa kasus ini ke ranah hukum.

“Sejak saya keluar saya sudah bilang silahkan bawa lagu yang ada tapi penuhi hak ekonomi saya sebagai mantan vokalis Amigdala yang punya legalitas. Gimana memenuhinya, ketika manggung mereka tidak permisi. Mereka manggung pakai nama Amigdala itu salah, bawa lagu saya juga tanpa izin” pungkas Aya.

@baperanews.com Mantan vokalis Amigdala, Aya Canina tuntut hak atas karyanya lantaran tidak mendapatkan royalti dari mantan band tersebut. #ayacanina #amigdala ♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga : Langgar Hak Cipta Musik, Twitter Digugat Rp 3,7 Triliun