Ukraina Gagalkan Rencana Rusia Bunuh Presiden Volodymyr Zelensky

Dinas Keamanan Ukraina menyatakan bahwa Rusia berencana untuk melenyapkan Zelensky beserta beberapa perwakilan pimpinan militer dan politik negara tersebut. Simak selengkapnya di sini!

Ukraina Gagalkan Rencana Rusia Bunuh Presiden Volodymyr Zelensky
Ukraina Gagalkan Rencana Rusia Bunuh Presiden Volodymyr Zelensky. Gambar : Reuters/Handout

BaperaNews - Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan upaya Rusia untuk membunuh Presiden Volodymyr Zelensky serta beberapa tokoh militer dan politik penting lainnya.

Menurut pernyataan resmi SBU, dua kolonel dalam Garda Negara Ukraina telah ditahan atas tuduhan pengkhianatan karena terlibat dalam operasi yang direncanakan oleh Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB).

Para kolonel tersebut, yang bertugas melindungi pejabat tinggi, diduga telah direkrut oleh FSB sebelum invasi militer besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. SBU menyatakan bahwa Rusia berencana untuk melenyapkan Zelensky beserta beberapa perwakilan pimpinan militer dan politik negara tersebut.

Menurut penyelidikan, kedua kolonel tersebut diawasi oleh FSB dan diduga membocorkan informasi rahasia ke Moskow. Salah satu tugas jaringan agen tersebut adalah mencari seseorang di militer Ukraina yang dekat dengan keamanan Zelensky agar dapat menyandera dan membunuh presiden Ukraina tersebut.

Selain Zelensky, musuh juga berencana untuk membunuh Kepala Dinas Keamanan Ukraina, Vasyl Maliuk, Kepala Direktorat Utama Intelijen Ukraina, Kyrylo Budanov, dan beberapa pejabat tinggi lainnya, ungkap SBU.

Baca Juga: Menteri Pertahanan Rusia Ajak Negara Sekutunya di Asia Gencarkan Latihan Militer

Klaim Ukraina atas upaya pembunuhan terhadap Zelensky bukanlah hal baru. Sebelumnya, Zelensky telah mengungkapkan bahwa dia telah selamat dari setidaknya lima upaya pembunuhan sejak dimulainya perang dengan Rusia.

Bulan lalu, jaksa penuntut di Polandia juga mengumumkan penangkapan seorang pria Polandia atas tuduhan siap menjadi mata-mata bagi badan intelijen militer Rusia dalam rencana pembunuhan terhadap Volodymyr Zelensky.

Pergerakan Zelensky selama ini dirahasiakan demi alasan keamanan, dan kunjungannya di dalam negeri diumumkan secara publik hanya setelah dia pergi. Berita tentang kegiatan Zelensky di Kyiv biasanya diembargo sampai semua acara selesai.

Baca Juga: Jet Tempur Jepang Kejar-kejaran dengan Pesawat Pengintai Rusia, Siaga PD 3?