Pemkab Paluta Gelar Peringatan Hari Kartini Ke 145 Tahun 2024

Pemkab Paluta menggelar Acara Peringatan Hari Kartini dengan tema 'Mengenang Perjuangan Kartini: Inspirasi Perempuan Indonesia di Era Modern'.

Pemkab Paluta Gelar Peringatan Hari Kartini Ke 145 Tahun 2024
Pemkab Paluta Gelar Peringatan Hari Kartini Ke 145 Tahun 2024. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar Acara Peringatan Hari Kartini Kabupaten Padang Lawas Utara ke-145 Tahun 2024 dengan tema "Mengenang Perjuangan Kartini: Inspirasi Perempuan Indonesia di Era Modern" di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Padang Lawas Utara pada Rabu, 8 Mei 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara, Makmur Harahap, ST., MM., Danramil 05/PB Kapten CPL Mahmud Salim Nasution, Danramil 06/Dolok Kapten Inf. Jungkarnaen Siregar, Kapolsek Padang Bolak AKP Harun Manurung, SH., Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Padang Lawas Utara Ny. Sefti Helida Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Padang Lawas Utara Ny. Susilawati Makmur Harahap, serta para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Padang Lawas Utara, Ibu Gabungan Istri Anggota Dewan (GIAD), Ibu Bhayangkari Polsek Padang Bolak, Ibu Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Tapsel, dan undangan lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Padang Lawas Utara Ny. Susilawati Makmur Harahap menjelaskan bahwa tujuan dari Peringatan Hari Kartini adalah untuk menghormati jasa dan perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai tokoh Emansipasi Wanita Indonesia, serta meningkatkan kesadaran tentang perjuangan R.A.

Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, khususnya dalam bidang pendidikan dan aspek kehidupan lainnya.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Padang Lawas Utara, Ny. Sefti Helida Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, dalam sambutannya menyatakan bahwa momentum ini penting untuk mengenang perjuangan dan inspirasi seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah perjuangan emansipasi wanita di Indonesia, yaitu Raden Ajeng Kartini.

"Mengingat Kartini hidup pada abad ke-19, pesan dan perjuangannya masih sangat relevan hingga saat ini, bahkan mungkin lebih relevan di era modern ini. Kartini bukan hanya sekedar simbol perjuangan wanita, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi perempuan di seluruh Indonesia, termasuk di era modern ini," ujar beliau.

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., dalam sambutannya menyatakan bahwa salah satu inspirasi utama dari Kartini adalah semangatnya untuk terus belajar dan berkembang.

Kartini memperjuangkan hak pendidikan bagi perempuan karena pendidikan adalah kunci untuk mengubah nasib dan membebaskan diri dari belenggu tradisi yang membatasi perempuan dalam masyarakat.

Di era modern ini, semangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri menjadi semakin penting. Wanita di seluruh dunia menghadapi berbagai tantangan dalam mencapai cita-cita mereka, namun semangat dan keberanian Kartini mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin jika kita berusaha keras.

"Dengan semangat Kartini sebagai inspirasi, mari kita bersama-sama membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan merata bagi semua tanpa memandang jenis kelamin. Mari kita wujudkan impian Kartini untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi generasi perempuan di masa yang akan datang," pesan Bupati.

(Haryan).