Fitur Lirik Lagu di Spotify Hanya Bisa Digunakan oleh Pengguna Premium

Fitur lirik lagu di Spotify kini hanya tersedia bagi pelanggan premium. Simak Berita Selengkapnya di sini!

Fitur Lirik Lagu di Spotify Hanya Bisa Digunakan oleh Pengguna Premium
Fitur Lirik Lagu di Spotify Hanya Bisa Digunakan oleh Pengguna Premium. Gambar : Unsplash/Heidi Fin

BaperaNews - Pengguna Spotify gratis mulai mengalami pembatasan akses terhadap fitur lirik lagu di platform streaming musik tersebut. 

Berdasarkan laporan dari sejumlah pengguna forum online, Reddit, dan media sosial seperti Twitter, Spotify tampaknya telah menghilangkan fitur lirik bagi pengguna gratis, terutama di perangkat Android.

Dilansir dari Tech Crunch pada Jumat (3/5), pengguna Spotify gratis melaporkan bahwa mereka tidak lagi dapat mengakses fitur lirik seperti sebelumnya. 

Pop-up yang muncul ketika mereka membuka fitur lirik menunjukkan pesan yang menyatakan "Nikmati lirik di Spotify Premium", menandakan bahwa fitur tersebut kini hanya tersedia bagi pelanggan premium.

Keputusan ini disinyalir sebagai langkah dari Spotify untuk mendorong pengguna gratis agar beralih menjadi pelanggan premium. 

Uji coba pembatasan fitur lirik bagi pengguna gratis telah dilakukan sejak September 2023, meskipun Spotify sendiri belum secara resmi mengumumkan keputusan tersebut.

Baca Juga : Spotify Naikan Harga Paket Berlangganan di Beberapa Negara, Ada Indonesia?

CJ Stanley, salah satu kepala komunikasi Spotify global, sebelumnya menyatakan bahwa uji coba pembatasan fitur lirik lagu dilakukan sebagai bagian dari pengujian rutin untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

Namun, keputusan ini menuai kritik dari sebagian pengguna yang merasa terbebani karena harus berlangganan premium untuk mendapatkan fitur tersebut.

Hilangnya fitur lirik di Spotify juga menimbulkan dampak bagi pengalaman mendengarkan musik pengguna gratis. 

Mereka yang biasanya mengandalkan fitur lirik untuk menyanyikan lagu-lagu favoritnya sekarang harus mencari lirik di aplikasi atau situs lain. 

Namun demikian, pengalaman tersebut mungkin tidak sepraktis sebelumnya karena lirik di Spotify biasanya disinkronkan dengan lagu.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Spotify mengenai keputusan ini, kemungkinan fitur lirik akan tetap tersedia bagi pengguna gratis dengan keterbatasan akses, mirip dengan fitur lain seperti fitur melewati (skip) trek yang dibatasi hingga sekitar enam kali setiap jam.

Fitur lirik lagu di Spotify biasanya diperoleh melalui kemitraan dengan pihak ketiga seperti MusixMatch, yang kemungkinan memerlukan biaya. 

Meskipun demikian, masih belum jelas apakah fitur lirik akan benar-benar dihapus atau hanya dibatasi sebagaimana fitur gratisan lainnya.

Baca Juga : Sheila on 7 Gelar Tur 'Tunggu Aku Di' 5 Kota, Tiket Mulai Dijual 27 April!