Prabowo Berencana Bentuk Presidential Club yang Beranggotakan Mantan Presiden RI

Prabowo rencanakan bentuk Presidential Club yang terdiri dari para mantan presiden RI, tujuannya untuk menjalin silaturahim dan berdiskusi tentang masalah kebangsaan. Baca selengkapnya di sini!

Prabowo Berencana Bentuk Presidential Club yang Beranggotakan Mantan Presiden RI
Prabowo Berencana Bentuk Presidential Club yang Beranggotakan Mantan Presiden RI. Gambar : Dok. Setkab

BaperaNews - Prabowo Subianto memiliki rencana untuk membentuk Presidential Club yang akan terdiri dari para mantan Presiden yang masih hidup. Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Presiden Terpilih RI, Dahnil Azhar Simanjuntak, pada Jumat (3/5).

"Insyaallah pada waktunya, Pak Prabowo pasti bertemu dengan Pak Jokowi [Presiden ke-7 RI], Pak SBY [Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono], dan Bu Megawati [Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri] secara bersama-sama," ungkap Dahnil.

Menurut Dahnil, Prabowo Subianto berencana untuk bertemu dengan mantan Presiden yang masih hidup, termasuk Joko Widodo (Presiden ke-7 RI), Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden ke-6 RI), dan Megawati Soekarnoputri (Presiden ke-5 RI), secara bersama-sama.

Tujuan Prabowo membentuk Presidential Club ini adalah untuk berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan.

"Presidensial Club itu istilah saya saja, bukan institusi. Esensinya Pak Prabowo ingin para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan sehingga terjaga silaturahim kebangsaannya dan menjadi teladan bagi kita semua," kata Dahnil pada Jumat (3/5).

Dengan rencana terbentuknya Presidential Club, Dahnil ungkap bahwa Prabowo berharap hal ini dapat memberikan kesan bahwa pemimpin Indonesia selalu kompak dan guyub untuk kepentingan rakyat.

Baca Juga: Gerindra: Jokowi Bukan Penghalang PDIP untuk Merapat ke Prabowo

"Pak Prabowo berharap, sebagai bangsa besar para pemimpinnya kompak, rukun, guyub memikirkan dan bekerja untuk kepentingan rakyat banyak, terlepas dari perbedaan pandangan politik dan sikap politik," ungkap Dahnil.

Megawati Soekarnoputri, menjabat sebagai Presiden ke-5 Indonesia dari tahun 2001 hingga 2004. Saat ini, Megawati yang berusia 77 tahun masih aktif di kancah politik sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara itu, Susilo Bambang Yudhoyono, atau yang akrab disapa SBY, adalah Presiden ke-6 Indonesia yang menjabat selama dua periode, yakni 2004-2009 dan 2009-2014. Saat ini, SBY yang berusia 74 tahun masih aktif dalam kegiatan politik sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Joko Widodo, atau Jokowi, merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang menjabat selama dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024. Selain berkarier politik, Jokowi juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk menjadi pembina tim voli LavAni.

Meskipun hubungan antara Prabowo dan ketiga mantan Presiden tersebut pernah mengalami dinamika, kini tampaknya mereka berupaya untuk membangun kolaborasi yang harmonis dalam wadah Presidential Club yang diusung oleh Prabowo.

Baca Juga: Peringati Hari Buruh, Prabowo Subianto Ajak Buruh Indonesia Wujudkan Indonesia Emas