Rp 3,4 Miliar Dikeluarkan Untuk Pengadaan Lift Baru Gedung DPRD DKI

Sekretariat DPRD DKI Jakarta menganggarkan dana Rp 3,4 Miliar untuk pengadaan anggaran lift baru DPRD DKI di APBD Jakarta 2023.

Rp 3,4 Miliar Dikeluarkan Untuk Pengadaan Lift Baru Gedung DPRD DKI
Dana Rp 3,4 Miliar dikeluarkan untuk pengadaan lift baru gedung DPRD DKI. Gambar : unsplash.com/Dok. Izhak Agency

BaperaNews - Pemprov DKI Jakarta menganggarkan dana Rp 1,2 Miliar untuk pemeliharaan lift gedung pada APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) 2023, dana dianggarkan melalui Sekretariat DPRD DKI Jakarta.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menyebut pemeliharaan lift gedung DPRD DKI ini dilakukan untuk lift yang sudah terpasang di gedung legislative Jakarta. “Kalau maintenance itu kan memang lift yang sekarang sudah ada” tutur Mujiyono, Senin (30/1).

Menurut Mujiyono, anggaran dana untuk pemeliharaan lift gedung DPRD DKI memang selalu ada tiap tahunnya. Namun ia mengaku tidak mengetahui besaran dana ini lebih besar atau lebih rendah dari anggaran tahun 2022.

“Anggaran untuk pemeliharaan lift ini tiap tahun ada dong, lift kan memang harus di maintenance, kalau enggak bisa macet-macet. Nilai anggarannya naik atau turun enggak tahu saya, detailnya di Sekretaris DPRD Jakarta” imbuhnya.

Ketika ditanya kenapa harus ada pengadaan anggaran lift baru gedung DPRD DKI padahal sudah ada anggaran untuk pemeliharaan lift lama per tahunnya? Mujiyono menjelaskan karena ada lift lama yang memang sudah tidak bisa lagi beroperasi meski sudah di maintenance tiap tahunnya.

Baca Juga : Terbaru! DPR Lelang Proyek Pengadaan Kalender Senilai Rp 955 Juta

Mujiyono mencontohkan seperti sebuah mobil, mobil yang sudah lama justru lebih besar biaya pemeliharaannya dibanding membeli mobil baru.

“Kan ada yang sudah enggak kuat, enggak bisa untuk di maintenance, harus diganti, ibarat mobil, kalau sudah bobrok banget masa iya mau terus di maintenance?” pungkasnya.

Sekretariat DPRD DKI Jakarta telah menganggarkan Rp 3,4 Miliar untuk pengadaan anggaran lift baru DPRD DKI di APBD Jakarta 2023.

Pengadaan anggaran lift baru gedung DPRD DKI dan pemeliharaan lift gedung DPRD DKI ini telah tercantum di situs SIRUP LKPP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan/Jasa Pemerintah).

“Nama KLPD Pemerintah DKI Jakarta Satuan Kerja Sekretariat DPR. Lokasi pekerjaan Jalan Kebon Sirih Nomor 18 Jakarta Pusat DKI Jakarta” bunyi keterangan di website LKPP pada Jumat (27/1).

Anggaran lift baru DPRD DKI tersebut dibagi dalam dua paket, lift baru dengan lelang tender dan pemeliharaan lift dilakukan dengan pemilihan kontrak atau penunjukan langsung.

Jadwal penyediaan dilakukan mulai Februari 2023 dan pemanfaatan maksimal Desember 2023. “Pagu Rp 3,4 Miliar (pengadaan anggaran lift baru gedung DPRD DKI), pagu Rp 1,21 Milyar (maintenance lift)” jelas situs LKPP tersebut.

Baca Juga : DPR Anggarkan Rp 1,5 M Untuk Pembelian 100 TV 43 Inch, Harga Per Unitnya Jadi Pertanyaan