DPR Anggarkan Rp 1,5 M Untuk Pembelian 100 TV 43 Inch, Harga Per Unitnya Jadi Pertanyaan

DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) membuat anggaran sebesar Rp 1,5 M hanya untuk membeli TV LED 43 inc yang akan ditempatkan di ruang kerja anggota DPR.

DPR Anggarkan Rp 1,5 M Untuk Pembelian 100 TV 43 Inch, Harga Per Unitnya Jadi Pertanyaan
DPR anggarkan Rp 1,5 M untuk beli TV. Gambar : voi.id

BaperaNews - DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) membuat anggaran Rp 1,5 Miliar untuk membeli TV LED 43 inc yang akan ditempatkan di ruang kerja DPR, anggaran tersebut digunakan untuk membeli 100 unit TV.

Dilansir dari SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan), pada Selasa (4/10), tertulis paket berjudul “Pengadaan TV LED 43 inc untuk Ruang Kerja Anggota” dengan nomor paket 36341964. Volumenya 100 buah, sumber dana dari APBN 2022. “Total pagu Rp 1.554.000.000” demikian tulisan di situs tersebut.

Artinya, harga anggaran per TV yang dibeli ialah Rp 15 juta, namun tidak dijelaskan merk TV apa yang akan dibeli.

Pemanfaatan barang dijelaskan mulai Oktober 2022, metode e-purchasing. “Jadwal kontrak mulai Agustus 2022 akhir Oktober 2022” lanjut tulisan tersebut.

Baca Juga : Wujud Dukungan 'Ramah Lingkungan' DPR Sediakan 55 Mobil Listrik di Acara P20

Anggaran TV Dari DPR Bikin Geger

Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Nasdem, Irma Suryani merasa heran dengan anggaran TV tersebut. “Nah, yang begini ini harus dikontrol, mana ada TV harga Rp 15 juta untuk ruangan anggota, saya nanti akan cek ke Sekjen DPR ya” ujarnya pada Selasa (4/10).

Irma sendiri tidak mempermasalahkan adanya TV di ruang kerja DPR. Menurutnya, TV memang dibutuhkan keberadaannya, namun TV baru boleh dibeli jika TV yang lama rusak.

“Masalahnya bukan setuju atau tidak, tapi memang anggota butuh TV untuk tau berita terkini di media, begitu juga dengan tenaga ahli yang bantu anggota. Tapi setahu saya, TV itu baru diganti kalau sudah rusak” terangnya.

Sebagai informasi, TV LCD 43 inc biasanya dijual mulai Rp 2 - 10 jutaan. Deretan TV LED 43 inc yang termasuk mewah diantaranya Samsung LED Smart TV Rp 9,2 juta, Panasonic LED TV Rp 11,3 juta, dan LG Smart TV Rp 6,5 juta.

Anggaran TV dari DPR yang menuliskan Rp 15 juta per TV menjadi sorotan, belum diketahui merk TV apa yang dipilih dan berharga fantastis tersebut.

Sebelumnya DPR juga sempat viral dengan rencana anggaran pembuatan kalender yang mencapai Rp 955 juta yang kini telah dibatalkan.

Kini muncul lagi proyek TV yang viral karena harganya yang terbilang fantastis, lebih mahal dari TV pada umumnya. Hingga berita ini disampaikan, belum ada keterangan dari Sekjen DPR Indra iskandar tentang proyek tersebut.

Baca Juga : Terbaru! DPR Lelang Proyek Pengadaan Kalender Senilai Rp 955 Juta