TikToker Tuai Kecaman Netizen Gegara Usul PSK Dilegalkan di Indonesia

Indah G, menimbulkan perdebatan dengan usulannya untuk melegalkan pekerja seks komersial (PSK) di Indonesia. Baca selengkapnya di sini!

TikToker Tuai Kecaman Netizen Gegara Usul PSK Dilegalkan di Indonesia
TikToker Tuai Kecaman Netizen Gegara Usul PSK Dilegalkan di Indonesia. Gambar: Instagram/@itsindahg

BaperaNews - Indah Gunawan, yang dikenal sebagai YouTuber dengan nama Indah G, kembali menjadi sorotan publik setelah mengusulkan agar pemerintah Indonesia melegalkan pekerja seks komersial (PSK). Dalam unggahan kontroversialnya, Indah G menyatakan pendapat pribadinya terkait legalisasi PSK di Indonesia serta dekriminalisasi terhadap mereka.

Dalam unggahan di salah satu akun media sosialnya, Indah G menyampaikan pandangannya yang kontroversial. Ia berpendapat bahwa pekerjaan seks seharusnya dilegalkan dan didekriminalisasi sebagai bagian dari otonomi tubuh dan perlindungan terhadap korban perdagangan seks.

"Pekerjaan seks harus legal + dekriminalisasi karena otonomi tubuh + membantu korban perdagangan seks," tulis @/istindahg pada Kamis (25/4).

Unggahannya juga mencantumkan tangkapan layar percakapannya dengan TikToker Zolo Bustami yang berpendapat bahwa seks adalah sesuatu yang suci.

Lebih lanjut, Indah G mengunggah video berdurasi 2 menit 2 detik yang berisikan pendapatnya tentang dekriminalisasi para pekerja seks. Ia menegaskan bahwa undang-undang di Indonesia masih belum membedakan antara korban perdagangan seks ilegal dengan peserta konsensual yang bersedia.

Menurutnya, dekriminalisasi akan membantu menyelamatkan dan melindungi korban serta mengalihkan sumber daya penegakan hukum untuk menangkap dan mengadili pelaku perdagangan seks.

"Tujuan dengan dekriminalisasi adalah tidak hanya akan membuat korban berhak diselamatkan dan dilindungi hukum tetapi juga agar sumber daya penegakan hukum dapat diarahkan untuk menangkap dan mengadili pelaku pedagangan," kata Indah G.

Baca Juga: Salshabilla Adriani Klarifikasi, Bantah Selingkuh dengan Rizky Nazar

Namun, unggahan Indah G tersebut tidak disambut baik oleh netizen. Banyak netizen yang mengecam pendapatnya, menilai bahwa usulannya tersebut tidak manusiawi dan bertentangan dengan nilai-nilai moral yang berlaku.

Mereka menyatakan keberatan atas ide legalisasi PSK dengan alasan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan eksploitasi, peningkatan jumlah konsumen, dan menciptakan budaya baru yang merugikan.

Sejumlah netizen juga menyoroti bahwa legalisasi prostitusi tidak akan menjamin perlindungan dan perlakuan yang adil terhadap para pekerja seks. Sebaliknya, mereka berpendapat bahwa PSK seharusnya dibantu untuk mendapatkan pekerjaan lain yang lebih layak dan berwibawa.

"Indah hear me out. Dengan tidak dilegalkan praktik prostitusi aja udah banyak banget negatifnya. Banyak cowok yang punya pacar atau istri malah having sex sama PSK. Kalau dilegalkan bakalan banyak banget cowok yang jadi konsumen prostitusi ini dan akan tercipta kultur baru," komentar salah satu netizen.

Reaksi netizen tersebut menunjukkan bahwa isu legalisasi PSK masih menjadi perdebatan yang hangat di masyarakat. Meskipun Indah G menyatakan pendapatnya dengan alasan-alasan tertentu, namun pandangan tersebut masih menuai kontroversi dan kritik tajam dari berbagai pihak.

Baca Juga: Rizky Nazar dan Syifa Hadju Diduga Putus Karena Orang Ketiga, Nama Salshabilla Adriani Terseret