Persiapan SUGBK untuk Konser Coldplay: Penyesuaian Pintu Darurat dan Pengamanan Lahan Hijau

Menjelang konser Coldplay pada 15 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pihak pengelola stadion telah melakukan serangkaian persiapan intensif.

Persiapan SUGBK untuk Konser Coldplay: Penyesuaian Pintu Darurat dan Pengamanan Lahan Hijau
Persiapan SUGBK untuk Konser Coldplay: Penyesuaian Pintu Darurat dan Pengamanan Lahan Hijau. Gambar: Potretmanado

BaperaNews - Menjelang konser Coldplay yang bertajuk Music of The Spheres World Tour pada 15 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pihak pengelola stadion telah melakukan serangkaian persiapan intensif. Upaya ini termasuk penyesuaian pintu darurat SUGBK.

Pencopotan Bangku dan Jalur Evakuasi Darurat

Dalam SUGBK, terlihat bahwa 17 baris bangku di tribun selatan telah dicopot. Menurut Muhammad Trinugroho, Analisa Pelayanan SUGBK, langkah ini bertujuan menambah jalur evakuasi darurat. Bangku yang dicopot sejak beberapa minggu lalu akan dipasang kembali pasca konser coldplay.

“Ini adalah langkah pencegahan. Jika tidak ada insiden, bangku-bangku tersebut akan kembali dipasang,” ungkap Trinugroho.

Perlindungan Rumput Stadion

Pemasangan grass cover atau penutup rumput, yang diimpor dari Inggris, adalah bagian penting dari persiapan. Tujuannya adalah menjaga kondisi rumput SUGBK dari dampak konser. Trinugroho menjelaskan, teraplast dari Inggris memiliki teknologi canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan konser, termasuk untuk area heavy duty seperti panggung.

Baca Juga : Viral! Chris Martin Coldplay Jalan Kaki Nyeker Saat Tiba di Indonesia

Pintu Darurat dan Jalur Penonton Konser

Trinugroho menambahkan, semua pintu di bagian bawah stadion akan menjadi jalur darurat. Pintu di antara baris bangku yang dicopot menjadi jalur tambahan, khususnya untuk pengunjung area Festival di bagian selatan stadion.

Di sisi utara stadion, dua pintu besar, Pintu Kuning dan Pintu Biru, akan difungsikan sebagai pintu masuk utama bagi penonton area Festival. Lokasi Pintu Kuning dekat dari Gate H, sedangkan Pintu Biru dekat dari Gate F.

Penonton di tribun memiliki pintu sektor tersendiri, diarahkan untuk keluar sesuai sektor masing-masing menuju selasar dan turun ke bawah.

Keselamatan dan Kenyamanan Penonton

Persiapan intensif ini menunjukkan komitmen SUGBK dalam mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penonton. Dengan mengantisipasi situasi darurat dan menjaga kondisi stadion, pihak SUGBK berupaya menyediakan pengalaman konser yang aman dan menyenangkan bagi pengunjung.

Baca Juga : Sandiaga Uno Ungkap Alasan Coldplay Hanya Bisa Konser Sehari di Indonesia