Nike Putus Kontrak Pebasket Kyrie Irving, Akibat Ujaran Kebencian

Sepatu edisi khusus Kyrie 8 batal diluncurkan usai Perusahaan Nike secara resmi memutus kontrak Kyrie Irving dan menghentikan kerjasamanya.

Nike Putus Kontrak Pebasket Kyrie Irving, Akibat Ujaran Kebencian
Nike putus kontrak pebasket Kyrie Irving. Gambar : Brad Penner-USA TODAY Sports

BaperaNews - Nike Produsen sepatu asal Amerika Serikat (AS) mengonfirmasikan bahwa mereka telah sepenuhnya memutuskan hubungan kerjasama dengan point guard Brooklyn Nets, Pebasket Kyrie Irving Pada hari Senin (5/12) waktu setempat.

Setelah sebelumnya Nike menangguhkan kerjasama dan membatalkan peluncuran sepatu basket Kyrie 8, yang harusnya diluncurkan pada bulan November 2022.

"Kyrie Irving bukan lagi atlet Nike," ujar manajemen Nike pada Selasa (6/12).

Nike putus kontrak Kyrie Irving ini buntut dari ulah Kyrie Irving yang mengunggah tautan Twitter ke sebuah film dokumenter yang berisi pesan antisemit pada oktober lalu. Antisemit sendiri ialah prasangka atau kebencian yang dilontarkan kepada kaum Yahudi.

Seharusnya, perjanjian kerjasama Irving dengan perusahaan Nike akan berakhir pada 1 Oktober 2023. Tapi Kesepakatan itu tiba-tiba ditangguhkan selama 11 bulan sebelum berakhir setelah ulah Kyrie Irving itu.

Salah satu pendiri Nike Phil Knight kepada CNBC mngungkapkan jika apa yang dilakukan Kyrie telah melewati batas. "Dia membuat pernyataan yang tak bisa kami terima, itu alasan kami mengakhiri kerjasama ini," imbuhnya.

Baca Juga : Tertarik Dengan Gaji 3,5 Triliun, Ronaldo Gabung Al Nassr 1 Januari 2023?

Sementara itu menanggapi pengumuman resmi Nike tersebut, Manajer Kyrie Irving, Shetellia Riley menyebut jika pemutusan kerja sama ini merupakan kesepakatan bersama.

"Kedua belah pihak sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama. Kami harap Nike mendapatkan yang terbaik ke depannya," tulis Riley dalam keterangannya.

Kyrie Irving merupakan salah satu pemain basket yang bersinar dan sukses menarik perhatian Nike.

Seperti diketahui, Kyrie Irving menjalani kerjasama dengan Nike sejak 2011 lalu saat itu dirinya masih berstatus rookie di NBA. Irving juga menjadi pemain NBA ke-20 dalam sejarah liga yang menerima sepatu tanda tangannya sendiri dengan perusahaan tersebut pada tahun 2014.

Di setiap musim sejak peluncuran Kyrie 1, model Kyrie tahunan telah menjadi salah satu sepatu yang paling banyak dipakai di seluruh liga. Hingga saat ini, 164 pemain telah memakai Kyrie 7 ke dalam lapangan. Alhasil, sudah lusinan pemain juga sering memakai model Kyrie Low dengan harga lebih murah, di antara yang lain.

Setelah Nike putus kontrak Kyrie Irving, tentu berpengaruh pada penjualan sepatu Nike yang harus menyetop penjualan edisi khusus dengan Irving.

Baca Juga : Daftar 6 Tim Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022