Menhub : Kereta KCJB Gratis 3 Bulan

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan digratiskan selama 3 bulan sejak soft operationnya pada 18 Agustus 2023.

Menhub : Kereta KCJB Gratis 3 Bulan
Menhub : Kereta KCJB Gratis 3 Bulan. Gambar : Dok.KCIC

BaperaNews - Menteri Perhubungan, Budi Karya menyebut kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan digratiskan untuk masyarakat sejak soft operationnya pada 18 Agustus 2023 mendatang hingga Oktober 2023 (3 bulan) sebagai bentuk kado ulang tahun untuk HUT Indonesia.

Namun tidak semua masyarakat bisa naik kereta KCJB gratis 3 bulan, penumpang akan dipilih. Belum dijelaskan lebih lanjut seperti apa syarat dan ketentuan penumpangnya yang bisa mencoba tarif kereta KCJB gratis 3 bulan itu.

“18 Agustus 2023 itu soft operation, masa uji coba. Penumpang belum dikenai tarif, kereta KCJB gratis 3 bulan, mulai Agustus sampai Oktober 2023. Tapi penumpang akan dipilih dulu” kata Budi hari Kamis (22/6) ketika ditemui awak media di Stasiun KCIC Halim Jakarta Timur.

Menko Marves Luhut Binsar menambahkan, masyarakat yang bisa mendapat tiket gratis selama uji coba KCJB ini hanya mereka yang tinggal atau memiliki rumah di sekitar rel KCJB.

“Jadi Presiden Jokowi sudah kasih instruksi, bahwa kita beri untuk rakyat di sepanjang rel KCJB ini untuk mencoba gratis kereta ini” terang Luhut.

Jadi masyarakat yang dipilih sesuai kriteria tersebut nanti akan mendapat semacam undangan untuk ikuti soft launching gratis, bisa naik KCJB gratis. 

Baca Juga : Berhasil Melesat 300 Km Per Jam, Kereta Cepat Segera Beroperasi?

Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Lebih lanjut, Budi mengungkap pemerintah sedang mematangkan aturan tentang KCJB, tentang harganya. Sebelumnya GM Property & Non Farebox Business Development KCIC, Devin Pranata memperkirakan harga tiket KCJB beda tipis dengan KA Argo Parahyangan.

“Jika dibandingkan dengan kereta Argo Parahyangan yang saat ini sudah ada, itu mirip, Jadi tidak akan membebani penumpang dalam memberi tiket kereta cepatnya, beda tipis” kata Devin hari Rabu (14/6) lalu.

Untuk angka pastinya Devin belum bisa menyebutkan, hal itu masih dikaji oleh pihak Kementrian Perhubungan dan oleh KCIC dengan jasa konsultan untuk tentukan harga kereta cepat.

Devin membenarkan harga kereta cepat sesuai dengan jarak dan kelas kursinya dimana KCJB ada 3 kelas yaitu VIP dengan 18 penumpang, kelas 1 dengan 28 penumpang, dan kelas 2 dengan 555 penumpang.

“Jadi kelasnya ada 2, secara harga variatif. Misalnya dari Halim ke Karawang, pasti harganya lebih murah dibanding harga rute terjauh Halim-Tegalluar. Harga terjauh sedang dikaji sehingga untuk kepastian harganya akan diinformasikan lebih lanjut” pungkas Devin.

Baca Juga : Hore! LRT Resmi Beroperasi 18 Agustus 2023